Home > Analisa Harga > Arah Pergerakan Harga Emas

Arah Pergerakan Harga Emas

Setiap kali saya mengetik seperti ini, didahului dengan beberapa pertanyaan dari Sobat-sobat kita. Dan saat ini saya ingin mengulas arah pergerakan emas. Dan Maaf data dalam chart ini harga emas dalam US$/troy ounce, karena saya belum menemukan data dalam rupiah yang sudah memuat indikator2 teknikal. Dan apa yang saya uraikan ini hanyalah kajian statistik yang tidak mungkin 100% Kebenarannya.

Saya ingin menampilkan chart ini yang pertama dalam interval mingguan,

Dalam Chart disamping,  grafik harga emas adalah chart yang berwarna hitam. Dan Saya mencoba memakai indikator yang mudah untuk kita lihat yaitu Parabolic SAR, yaitu titik2 berwarna Merah dan Regresi Linier garis berwarna hijau. Dalam grafik terlihat jelas sekali secara teknical dan interval waktu mingguan, dengan kedua indikator tersebut emas akan cenderung turun, Regresi Liniernya menghadap kebawah sehingga tren-nya turun. dan parabolic SAR masih diatas Chart, ini juga menunjukkan trend harga emas akan cenderung turun. Sampai berapa penurunannya ?. kemungkinannya dibawah US$1000 dan diatas US$900. Ingat ini masih harga dalam US$, jika dalam rupiah masih perlu dikonversi lagi. Biasanya penguatan US$ thd emas juga diikuti penguatan US$ terhadap Rupiah. Saat ini saja US$ index naik dari 78,2 menjadi 78,5. kemungkinan besarnya dalam waktu dekat, Harga emas dalam rupiah akan bergerak sideways (riaknya kecil). Kecuali ada kejadian luar Biasa, misalkan Presiden jadi di Impeachment……. :)

Disamping ini saya sajikan chart dengan indikator sama namun dengan Interval yang berbeda. Ternyata baik regresi Liniernya ataupun Parabolic SAR-nya masih mengindikasikan uptrend, atau tren yang meningkat. terlihat Regresi Liniernya (warna hijau)masih mengarah ke atas dan Parabolic SAR masih dibawah chart. Artinya untuk jangka yang lebih panjang emas masih akan cenderung naik. Hal ini juga didukung oleh Fundamental ekonomi dengan banyaknya bailout yang akan membanjiri pasar. dengan semakin banyaknya uang kertas yang beredar berarti ketersediaan barang yang jumlahnya cenderung tetap seperti emas akan naik. juga siklus tahunan, dimana pada bulan maret emas akan cenderung naik. (lihat chart trend harga)

Jadi kawan2 yang sudah menyimpan jerih payahnya dengan emas tidak perlu risau dengan penurunan emas. Karena kedua grafik diataspun menunjukkan trend kenaikan emas yang terus-menerus dari tahun ke tahun. dan volatilitas naik-turunya emaspun wajar karena emas diperdagangkan dalam pasar komoditas.

“Hanya Allohlah Yang Maha Tahu”

About these ads
  1. Diki
    January 28, 2010 at 5:35 am

    Terus, Up-date Pak Sholdip! thx untuk Info-nya!

  2. udi
    January 28, 2010 at 7:48 am

    kenaikan harga emas yang terus menerus sebenarnya adalah cermin penurunan nilai uang kertas atas emas.dan itu keniscayaan,karena antara uang kertas dan emas terjadi perbedaan pertumbuhan,yang berdampak kepada hukum supply and demand.
    emas diciptakan dengan pertambangan yang memelukan biaya yang cukup material.
    uagn kertas diciptakan oleh dua hal: pertama : dicetak atas pesanan bank central.kedua ,dicetak oleh sistem bunga,yang degnan bertambahnya waktu,bertambahnya jumlah uang.
    maka ,yang memegang uang terbanyak adalah yang menang.
    yagn pegang uang sedikit,kalah lelang dalam prebutan barang dan jasa.

  3. January 28, 2010 at 8:07 am

    Cocok Mas Udi. Saat ini untuk mengongkosi penambangan 1troy ounce emas, berkisar US$500. belum biaya pemurnian, cetak dan transportnya. Sedangkan uang kertas US$ yang saat ini untuk menukar emas seberat 1 troy ounce sekitar US$ 1100. Dan uang 1100 tersebut ongkos pembuatannya hanya berharga 11 x 4cent = 44cent. Wow…. !!!!

  4. June 24, 2011 at 6:08 am

    salam kenal mas …saya may tau cara melihat harga emas murni hari ini per gram dalam rupiah yang real dan update ada dimana ya…saya nyari tapi kok pada gak sama dengan harga emas batangan yang dijual di pasar tradisional di kota saya..beda 10 rb sampai dengan 10rb an mas. terima kasih ya.

    • June 27, 2011 at 6:12 pm

      salam kenal balik mas, memang untuk harga riil atau fisik tidak ada yang pas dengan harga online. karena harga online adalah harga kontrak berjangka non fisik.
      untuk melihat harga fisik, barangkali bisa dilihat di http://www.hargamas.blogspot.com ini update setiap hari.

      • July 3, 2011 at 6:20 am

        ok broo…terima kasih infonya…langsung ane mo cekidot ke blognya…

  5. January 22, 2013 at 1:42 pm

    Untuk para trader emas silahkan kunjungi workshop kami ada trik- trik menarik lhoo…??
    salam profit..

  1. January 29, 2010 at 6:09 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 81 other followers

%d bloggers like this: