Home > Analisa Harga > Dampak kenaikan BBM terhadap harga emas

Dampak kenaikan BBM terhadap harga emas

Jika beberapa bulan lalu Pemerintah  masih malu-malu membuat pernyataan akan menaikkan harga BBM, seperti wacana membatasi BBM bersubsidi dengan cara mewajibkan seluruh pemilik mobil pribadi untuk menggunakan  pertamax, dan akhirnya banyak di tentang oleh para pengamat karena pastilah susah sekali implementasinya di lapangan. Namun kini lewat pernyataan  langsung Mr. Presiden SBY bahwa jika terus di biarkan subsidi BBM ini, maka APBN kita bakalan nggak kuat untuk menopang besarnya subsidi tersebut.

Kenapa APBN kita gak kuat menanggung besarnya subsidi untuk BBM ? Pada waktu menyusun APBN yang pastinya saya tidak ikut menyusunnya…… J  perhitungan pembelian BBM untuk subsidi di tetapkan $90, padahal kini harga pasaran BBM adalah $115, bahkan ada kecenderungan akan semakin tinggi karena dampak dari gentingnya situasi di selat Hormuz sebagai akibat dari ketegangan hubungan antara Iran dengan Amerika Serikat dan Eropa. Disinyalir harga minyak akan terus terkerek naik hingga $120. Jika hal ini terjadi APBN Negara kita pastinya akan jebol karena kita sebagai negeri penghasil minyak, ternyata juga sebagai pengimpor minyak yang sangat besar.  Besaran Subsidi yang harus dikeluarkan dari dompetnya Pemerintah bisa lebih dari Rp160 trilyun.

Sinyal kenaikan harga BBM tersebut kemungkinan besar akan berlaku per tanggal 1 April dengan kisaran Rp1000 – Rp2000 per liter, namun kita tunggu kepastian pemerintah mengumumkannya dan sebelumnya Pemerintah dan DPR akan membahasnya pada 28 Februari mendatang.  Kita semua paham dan saya yakin seluruh pembaca semuanya pasti sudah mengetahui, jika ada kenaikan BBM hampir bisa dipastikan seluruh harga-harga apapun akan naik. Hal ini sebagai multiple effect dari ongkos transportasi dan produksi yang meningkat.  Inilah dunia yang saat ini sangat bergantung pada minyak, mesin2 produksi digerakkan dengan minyak, sarana transportasi kita saat ini juga di gerakkan dengan minyak.  Minyak bisa dipakai sebagai alat pemegang kekuasaan dan bahkan minyak bisa menimbulkan keserakahan. Karena minyak begitu penting bagi kehidupan umat manusia.

Dari uraian diatas, kita bisa menarik benang hitam, loh kok benang hitam….. ya karena kalau mencari benang hitam di lantai kayaknya lebih kelihatan di bandingkan benang merah….. J bahwa kenaikan BBM ini akan menyebabkan tambahan  inflasi bagi mata uang Rupiah kita. menurut Badan perlindungan Konsumen Nasional  yang saya baca di sebuah harian ibukota,  kenaikan Rp. 1000 bisa menyumbangkan inflasi sebesar 0.4-0.6 persen. Lah bagaimana kalau naiknya Rp2000 atau lebih… pastinya inflasi akan lebih besar lagi. Dan kita sebagai konsumen akan membayar lebih mahal atas barang dan jasa karena efek dari kenaikan BBM ini tak terkecuali tentunya untuk mendapatkan emas .

Tanpa kenaikan BBM saja, rupiah kita terus digerogoti oleh inflasi, tanpa kenaikan BBM saja harga-harga barang-barang dan jasa semakin lama semakin mahal. Dengan kenaikan BBM berarti kita sebagai konsumen menderita tekanan inflasi yang double. Yaitu tekanan inflasi yang memang sudah ada secara alamiah, karena dampak dari kebijakan uang kertas. Dan di tambah tekanan inflasi dari kenaikan harga BBM. Tekanan-tekanan inilah yang terus menggerus nilai uang kita, nilai jerih payah kita, bahkan nilai yang kita simpan dalam uang kertas.  Jika rata-rata kenaikan harga emas mencapai 23% pertahun selama lima tahun terakhir, maka dengan adanya kenaikan BBM ini bisa dikatakan emas di tahun ini akan naik lebih dari 23% per tahun. Namun ini hanyalah anggapan secara kasat mata tanpa melihat variable-variabel yang lain.

Namun saya yakin para pembaca setia web ini tidak ada yang mengeluh jika BBM dinaikkan, asalkan pemerintah betul-betul transparan dalam pemberian subsidi dan uangnya tidak di korupsi. Hasil dari penghematan subsidi dipakai untuk meningkatkan pelayanan public. Karena daripada tidak naik, pemerintahan  justru bangkrut karena APBN yang membengkak dan tidak punya uang lagi, langkahnya harus berhutang lagi dan lagi yang lebih besar  yang akhirnya terjebak hutang seperti halnya Yunani. Toh akibatnya  rakyatnya juga yang susah. Dan kedua kenapa para pembaca tidak mengeluh………. Ya karena saya juga yakin bahwa Anda semua sudah mengalihkan tabungan Anda ke bentuk yang tidak terkena dampak inflasi……………. Hmmmmm emas……

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 81 other followers

%d bloggers like this: