Home > Artikel > Catatan Akhir tahun 2009

Catatan Akhir tahun 2009

Sobat Emas Indonesia,

Tulisan ini pernah saya posting di Message Grup Facebook pada tanggal 30 Dec 2009

Menurut Para Pengamat Financial, tahun 2009 adalah tahun recovery yang keluar dari krisis Financial 2007-2008. Seluruh bursa saham Dunia mengalami rebound dengan index yang meningkat mulai dari 20% hingga 80%. Dan saya tadi mendengar dari siaran berita salah satu radio mengatakan index Indonesia mengalami rebound paling tinggi di seluruh asia-pasifik, yaitu sekitar 77%, sedangkan index sang guru kapitalis, Dow Jones (Amerika) Saja hanya meningkat 10%.

Kata Para pengamat juga yang saya dengar di Radio dan lihat di TV, Kinerja Rupiah kita juga sangat menggembirakan dan “luar biasa”. Pengamat membandingkannya dengan uang kertas lain yaitu dolar amerika. Dimana pada saat itu rupiah kita sudah berada diatas 1200 per dolar dan saat ini di kisaran 9500. Jika kita hitung 1200 saja rupiah sudah meningkat 26%. Apakah pembanding rupiah kita ini merupakan pembanding yang stabil ?. apakah uang pembanding ini juga tidak mengalami penurunan nilai ?.

Sobat investasi tentunya sepakat dengan saya bahwa kita punya uang pembanding yang lain, apalagi kalau bukan EMAS. Yah hanya emas pembanding yang terus terjamin nilai kestabilannya, yang terjaga nilainya sepanjang masa. Saat ini harga emas di di kitco.com tercatat US$ 1091,6per ounce dan ternyata mata uang US$ terdepresiasi sebesar 25% . Sehingga pembanding rupiah kita tersebut ternyata sangat jatuh nilainya terhadap emas, sehingga apakah ini pembanding yang sebenarnya ?. Lalu jika dibandingkan dengan emas bagaimanakah kinerja rupiah kita ?, apakah masih Positif ?.
Di website yang sama harga emas dalam rupiah rata2 ditahun 2008 adalah sekitar 277rb. Sedangkan harga rata2 tahun 2009 adalah 337rb. Sehingga kinerja rupiah kita ternyata turun 21.6% jika dibandingkan dengan emas. Dan menurut saya inilah pembanding kita yang adil.

Masihkah kita akan terus menjaga jerih payah (menabung) kita dengan uang kertas ?.
Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi kita semua, jika ada tulisan yang salah mohon maaf karena saya bukanlah makhluk yang sempurna. Kesempurnaan hanya ada pada-Nya.

Categories: Artikel Tags: , , , , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: