Home > Analisa Harga > Apakah Bulan ini bagus untuk beli emas ?

Apakah Bulan ini bagus untuk beli emas ?

Apakah bulan January ini jika beli emas  dapat harga rendah ?.

Pertanyaan ini banyak terlontar dari kawan2 kita yang ingin memulai investasi emasnya, ataupun ingin menambah jumlah emasnya. Maklum biasanya bagi rekan2 yang karyawan awal tahun merupakan bulan yang cukup menggembirakan, karena biasanya bonus ataupun reward akan didapatkan oleh mereka apalagi yang tahun 2009 berprestasi pastilah kantongnya bertambah tebal… :)…. ayo… musti traktir kita nih…

Guna menjawab pertanyaan diatas saya akan tunjukkan grafik berdasarkan data 5 tahun terakhir. data ini saya olah agar bisa dibandingkan maka pada bulan januari semuanya saya berikan index 100, fluktuasinya saya bagi ke index january tersebut. Grafik yang tersaji ini sudah dalam mata uang Rupiah.  Agar Sobat tidak perlu lagi menerjemahkan kedalam mata uang kita.

Saya mencoba mengcompare rata2 5tahun terakhir dengan 3 tahun terakhir (grafik warna kuning dan abu2) ternyata polanya hampir sama. yang berarti Bulan January, May, dan Agustus adalah harga terendah. Sedangkan Harga emas tertinggi yaitu pada bulan Maret dan Desember. Silakan untuk tahun pertahun Sobat baca sendiri.

Rupanya January memang merupakan kebiasaan harga terendah jika merunut dari data diatas, hal ini para praktisi dipasar finansial sering mengatakan sebagai January Effect. Pelaku pasar masuk ke saham2, dan harga saham melonjak cukup significant. Dengan kata lain. Emas sedikit ditinggalkan untuk memburu pasar saham (ingat emas juga diperdagangkan dipasar komoditas). Dan rupanya rendahnya harga emas di Bulan January bukan hanya terjadi karena menguatnya Rupiah thd dolar. karena rata2 5 tahun terakhirpun datanya berbicara demikian.

Lalu apakah kita membeli emas di bulan Jan dan menjualnya di Maret, ataupun beli di bulan Jun dijual Desember untuk kemudian beli lagi di bulan January ?.  Jika Sobat berbuat demikian ya sah-sah saja. Namun saya tidak menganjurkan untuk berspekulasi. Lebih Baik emas ditabung saja. Diuangkan jika memang kita membutuhkannya. 

Coba Sobat perhatikan grafik disamping, harga emas rata2 tumbuh 24%/tahun  dalam 5 tahun terakhir dan 23%/th dalam 3tahun terakhir. Artinya jika Sobat simpanpun masih tetap lebih tinggi dari uang yang ngendon di bank.

Kemarin Ibu Sri Mulyani Menkeu Kita, mengatakan bahwa saat ini Pasar Financial lagi banjir US$, sebesar 2,4T.  Sehingga dikhawatirkan akan terjadi inflasi yang besar. Ingatlah sobat seluruh negara di Dunia ini memegang US$….

Namun jika US$ tersebut membanjiri Negeri ini, mudah2an Rupiah kita semakin menguat dan harga emas lebih turun lagi. tapi apakah otoritas moneter kita akan membiarkan Rupiah terus menguat ?. kemungkinannya tidak. karena exportir akan menjerit karena barang2 produk kita tidak kompetitif di pasar international.

Wal-akhir, saya hanya mengutarakan data semoga bermanfaat dan bukan merupakan pengalihan opini anda dalam berinvestasi.

Hanya Allohlah yang Maha Tahu.

  1. D14N
    January 14, 2010 at 4:22 am

    ok mas, trims informasinya, perlu lebih dari tiga tahun untuk jadi seperti sampeyan ya, he………. bravo kang soldip maju trus.

    • ogbe
      January 27, 2010 at 1:23 am

      slam pak..saya ingin tahu bp ongkosnya emas batangan 5 gm klu mahu dihantar ke malaysia?

      • January 28, 2010 at 11:44 am

        Ongkos Ke malaysia via Rpx Fedex, untuk 1kg barang (minimal dihitung 1kg). sebesar Rb.600rb.

  2. January 14, 2010 at 4:45 am

    Gak perlu tiga tahun bro. bisa instan. belajar dari yang sudah expert

  3. January 14, 2010 at 9:17 am

    Mantap artikelnya Pak…,
    Hingga saat ini saya baru punya 15 gr emas batangan, tapi yg 5 gram sedang di gadaikan.

    Saya selalu ingin menabung dalam bentuk emas batangan, tapi sayangnya susah untuk membelinya karena keterbatasan dana, hehehhee…

    Maju terus Pak …

    • January 14, 2010 at 10:06 am

      Ok Mas Thanks Supportnya
      Bisa dengan cara dicicil mas, sisihkan recehannya untuk mencicil emas tsb. kalau sebulan yang syariah kena interest 1%, berarti setahun 12%, rasanya masih layak dipertimbangkan

  4. noer
    January 15, 2010 at 9:50 am

    beli emas batangan syariah dimana ya pak?

  5. evy grognet
    January 26, 2010 at 2:32 pm

    info yg lbh jlas…d jatim ada???

    • January 26, 2010 at 5:09 pm

      maksudnya ada apanya Sobat Evie ?

  6. Riva Mpay
    April 8, 2010 at 7:19 am

    Mas grafiknya sangat berguna untuk gambaran fluktuasi harga emas yg tahun skrg mirip dgn tahun 2005, sekalian jg kalo ad yg berminat jadi buyer perak murni saya menyediakan minimal 25-30 kg per minggu.

  7. H.A. Haddy. M
    August 9, 2010 at 11:22 am

    Makasi Pak, tapi tetap saya belum ngerti.

    • August 26, 2010 at 12:54 pm

      Kalau belum mengerti, coba baca MBE (Mahir berinvestasi Emas), mudah-mudahan langsung paham

  1. January 15, 2010 at 10:18 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: