Home > Artikel > US$ Index

US$ Index

Mata uang diperdagangkan seperti halnya komoditi, ataupun barang dagangan lain. kadang Mata uang suatu negara bisa murah (spt halnya punya kita), dan kadang juga bisa juga mahal (saat ini mata uang kita lebih mahal dibandingkan dengan 6 bulan yll, tadinya beli rupiah dengan 1US$ dapat 12ribu, sekarang 1US$ hanya dapat 9300. Dan kekuatan sebuah mata uang ini pembandingnya juga mata uang lainnya. Nah kali ini kita coba sajikan US$ Index.

US$ Index (USDX) adalah sebuah indeks untuk mengukur dari nilai relatif dolar Amerika Serikatf terhadap beberapa mata uang asing. Dan ini adalah timbangan rata2 geometrik  dari nilai dolar dibandingkan  dengan :

* Euro (EUR), bobotnya 57,6%

* Japanese Yen (JPY), bobotnya 13,6%

* Pound sterling (GBP), bobotnya 11,9%

* Canadian dollar (CAD), bobotnya 9,1%

* Krona Swedia (SEK),bobotnya 4,2%

* Swiss Franc (CHF) bobotnya 3,6% .

USDX dimulai pada Maret 1973, setelah adanya Pembongkaran/Pengingkaran Bretton Woods. Pada awalnya, nilai indeks Dolar AS 100. Sejak dilincurkannya US$ Index ini pernah tertinggi mencapai 160-an hingga 70,698 pada 16 Maret 2008, dan ini terendah sejak dibuat pada tahun 1973. Sebagai pembanding mata uang yang lainnya pernah diubah hanya sekali, ketika beberapa mata uang Eropa dimasukkan oleh Euro pada awal 1999. Diperbarui setiap kali USDX US Dollar pasar yang terbuka, yang berasal dari Minggu malam waktu New York (Senin pagi waktu Asia) selama 24 jam sehari sampai akhir Jumat sore waktu New York. USDX dapat diperdagangkan sebagai kontrak berjangka di IntercontinentalExchange (ICE). Hal ini juga tersedia dalam pertukaran diperdagangkan dana (ETF), opsi dan reksa dana.

Untuk kita US$ index ini dipakai untuk mengukur tingkat kekuatan US$, Karena Emas diperdagangkan dengan US$ maka jika US$ Index ini meningkat, harga emas turun thd US$, dan juga Rupiah turun terhadap US$

Untuk itu US$ index saya sajikan dalam web ini. dan terupdate terus.

Categories: Artikel
  1. January 22, 2010 at 8:17 pm

    terimakasih infonya. Infonya maksyus banget.

    Salam kenal dan Salam Hormat Pak Sholeh

    • June 1, 2012 at 9:45 am

      salam kenal balik mas Wiweit prayitno, maaf baru sempat balas, karena jarang sekali menengok di sini, biasanya habis posting artikel langsung pindah ke http://www.mbemas.com

  1. January 29, 2010 at 6:16 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: