Home > Artikel > emas dan jati emas

emas dan jati emas

Pada hari Ahad, seperti halnya hari ini. Saya bersama keluarga menyempatkan diri untuk melihat-lihat tanaman Jati Emas, sehingga tergelitik saya untuk menulis tanaman   ini yang saya kaitkan dengan Investasi. Dan karena Web ini mengulas tentang per-emasan, jadilah saya membandingkan Investasi Emas dan Jati Emas.

Photo Diatas memperlihatkan emas 24K yang saya representasikan dengan gelang. Dan sebelahnya adalah Jati emas yang ditanam tahun 2001, sehingga saat ini sudah berumur 9tahun, berdiameter sekitar 20cm dan tinggi sekitar 8m.

Saya menyempatkan diri juga untuk bertemu dengan salah satu orang yang sangat kompeten di bidang perkayuan. Dan saya peroleh beberapa masukan yang diantaranya. Kayu jati kebun (hal ini untuk menyebut jati yang bukan dari perhutani), yang masih berumur 5 tahun bisa juga dijual dengan harga rata2 per batang 100K (K untuk menyebut ribuan, agar tidak kebanyakan digit) dan jika sudah berumur 15 tahun dengan diameter 30cm harga perkubiknya 3,5juta. Satu pohon bisa menghasilkan 0,5 kubik kayu. Sehingga berharga 1,75jt

Bagaimana dengan grafik emasnya .  Data harga emas dari 2001-2009 saya ambilkan dari goldprice sedangkan untuk 2010-2015 saya menggunakan harga memakai penambahan dengan pertumbuhan rata-rata 2001-2009 sebesar 20,4%.

Perhitungan saya tidak memperhitungkan biaya2 lain seperti SDB untuk emas ataupun pupuk untuk Jati Emas. Kalaupun itu diperhitungkan hasilnya tidak akan berbeda jauh. Karena harga yang dipakai adalah harga saat ini, sedangkan tahun 2015, InsyaAllah pastinya harga Jati Emas sudah lebih dari 3,5jt perkubik.

Dari hasil diatas, saya mencoba mewujudkannya dalam bentuk grafik warna hijau untuk jati Emas dan warna Kuning untuk emas.  (lihat dibawah tulisan ini)

Terlihat Jati emas mengungguli emas mulai tahun ke-5.

Emas dalam 15 tahun mampu tumbuh 845% Fantastis !!!, sedangkan Jati Emas mampu Tumbuh 87,4K% (baca delapan puluhtujuh ribu empat ratus persen). …. Super fantastis !!!.

Disamping hasil investasi yang super fantastis ternyata masih banyak faedah yang lainnya, diantaranya:

Jika kita menanam pohon otomatis kita bisa mengurangi global warming yang saat ini jadi issue Dunia, Bersedekah jika ada orang yang berteduh dibawahnya ataupun bersedekah terhadap Makhluk Allah yang lain seperti belalang, semut dll.

Sehingga jika anda ada tanah/pekarangan yang saat ini masih longgar. Ataupun belum ditanami tanaman produktif.   Jati Emas bisa anda jadikan alternative. Dimana mencari bibit Jati Emas ?. Saya akan bantu mencarikannya untuk Anda

  1. February 18, 2010 at 1:45 pm

    Blog anda cukup menarik dan enak untuk dibaca. Oleh sebab saya menuliskan review tentang blog anda pada alamat : http://bagisahabat.blogspot.com/2010/02/membahas-emas-sebagai-penangkal-inflasi.html

    • February 10, 2011 at 7:19 am

      Maaf mas sudah setahun saya baru bisa membalas comment Anda.
      Thanks supportnya ya mas. sudah membuat link untuk blog ini

  2. bambang
    September 6, 2010 at 9:11 am

    Selamat pagi, saya ingin beli bibit jati emas….bgmn caranya??
    tolong hub saya di +6281282818514
    thanks

    • February 10, 2011 at 7:21 am

      Gampang mas, nyari bibit jati emas bisa inbox saya di sholdip[at]gmail[dot]com

  3. agus
    February 9, 2011 at 4:05 pm

    apa anda mau beli jati mas saya yang bermidel 4cm – 19cm dan berumur 7thn, saat ini saya sedang jarangkan pohon sejumlah 21ribu pohon.

    setelah saya tawar-tawarkan, jati mas milik saya tidak sefantastis yang diuraikan di atas, bahkan bisa dikatakan saya rugi besar.
    kalau emang benar kata Anda, saya tunggu bantuan Anda..

    • February 10, 2011 at 7:25 am

      Saya bukan Pedagang kayu jati Mas Agus, tapi gpp mudah2an ada pembaca blog ini yang tertarik. Domisili anda dimana ?.
      Data yang saya sampaikan memang bukan berdasarkan penelitian, tapi seperti yang saya uraikan diatas berdasarkan pengalaman seorang yang terjun di bisnis perkayuan. sehingga mungkin saja bisa Bias. ataupun daerah yang mas agus pakai menaman Jati Emas berbeda dengan diatas. Wal akhir semoga kayu jati hasil penjarangan bisa segera laku

  4. suprijo
    April 13, 2011 at 4:14 pm

    Trimakasih mas ulasan anda tentang Emas dan Jati Emas, 3 bln yg lalu saya tanam pohon jati dengan jenis jati emas (kata pedagang bibit jati) dilahan yang tadinya tidak dimanfaatkan (lahan tidur)di daerah gunung kudul tepatnya kecamatan panggang.Saya manfaatkan pupuk kandang punya masyarakat setempat dan orang_2 disekitar untuk merawat tanaman jati tersebut (hitung_2 menambah penghasilan mereka)alhamdulillah mas tanamanya tumbuh subur kata orang@ setempat tumbuhnya lebih cepat dari tanaman jati mereka, maklum hampir 100% tanah mereka terdapat pohon jati..Bagi saya gak penting mas berapa besar hasil yg saya dapatkan nanti, insya Allah kelak berguna utk anak/cucu.

    • June 27, 2011 at 6:07 pm

      Syukurlah Mas Suprijo.
      disamping membuat masyarakat setempat terberdayakan karena bisa mengerjakan lahan anda, juga pupuknya anda daya-gunakan.
      disamping itu mengurangi global warming dan juga sebagai sodaqoh jariah bila ada orang2 ataupun binatang yang berteduh dibawahnya.
      dan juga sebagai deposito dunia dan akhirat. amien

  5. yusri
    September 11, 2011 at 11:34 am

    gmana ya mas kl mau dapat bibit jatinnya… bsa nda mas dikenalkan dengan yg sdh berpengalaman dlm hal ini… sy dr makassar kbetulan ada lhan kosong… siapa tau bisa kerjasama…

    • September 12, 2011 at 3:40 am

      baik mas, bisa kita kirim ke makassar juga kok. di makasar kayaknya kurang cocok untuk jati ya.

  6. Eugenius Lewar
    December 6, 2011 at 3:54 pm

    adakah bibit jati mas ( biji ) yang bisa saya dapatkan. berapa harganya. tolong bantuan informasinya

    • December 6, 2011 at 8:22 pm

      Ada Pak, bibit jati emas sekitar 5ribu rupiah per batang

  7. eko pamekas
    March 22, 2012 at 8:48 am

    mas berapa jarak yang baik antara pohon satu ke pohon satunya, dan tanaman apa yang bagus untuk tanaman pendampingnya yang tidak mengganggu pertumbuhan pohon jati itu sendiri

    • March 22, 2012 at 3:54 pm

      kalau mengacu pada pengamalan beberapa petani Jati, ada yang menanam dengan jarak tanam 1,5m x 2m, lalu saat umur 5 tahun dilakukan penjarangan menjadi jaraknya 3m x 2m, lalu saat 8 tahun di jarangkan lagi menjadi 3m x 4m. namun ada juga yang memulainya dengan jarak tanam 2m x 2m. tanaman sela sebaiknya tanaman palawija saja, saat jati baru di tanam. powered by http://www.mbemas.com

  8. Yuda Timor
    February 26, 2013 at 3:33 pm

    Saya ada di Temanggung Jawa Tengah, dimana saya bisa beli bibit jati emas dan berapa harga per-pohon_nya. Mohon informasi_nya ke saya lewat email yuda@tekaparquet.com atau PIN BB 328D8DDA

    • July 29, 2013 at 12:34 pm

      silakan saja mas. bisa didapatkan di sentra pertanian. klo di jogja, daerah Bantul

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

