Home > Analisa Harga, Artikel > US$ terendah dalam 15th terakhir thd YJP

US$ terendah dalam 15th terakhir thd YJP

Ketika saya membaca berita dari running text dari sebuah stasiun telivisi yang berbunyi : “Yen Jepang menguat terhadap Dolar Amerika dalam 15 tahun terakhir”.  Saya begitu tersentak dengan berita ini lalu saya mencari kurs mata uang kedua Negara yang ekonominya terbesar pertama dan kedua tersebut.

Seingat saya biasanya 1dolarnya Amerika dihargai sekitar 100Yen jepang, namun kali ini ketika saya tengok di sebuah Perdagangan online 1US$ sudah merosot menjadi 83YJP. Ketika saya mengkaitkan dengan berita-berita yang ada ternyata ini masih ada kaitanya dengan krisis yang melanda Amerika 2tahun lalu. Dimana Negeri Adidaya tersebut saat itu banyak sekali mengeluarkan bailout-bailout untuk menalangi perusahaan-perusahaan Raksasa yang di ambang kebangkrutan, dengan dana atauoun uang yang mereka cetak dalam jumlah besar. Sehingga jumlah uang beredarnya meningkat 3kali lipat.  Dengan menurunnya nilai US$ tentulah ini juga menguntungkan Amerika, dimana produk2 buatan Negeri Paman Sam tersebut menjadi kompetitiv dipasar International, lalu bagaimana dengan Jepang ?. Seperti kebiasaannya BoJ (bank of japan) paling tidak suka jika mata uangnya kuat. Karena sebagaimana kita ketahui Jepang adalah Negeri Industri yang Mengekspor barang2 Industrinya. Dengan menguatnya Mata Uang Yen tentulah harga2 produk buatan Jepang menjadi mahal. Dan ini merugikan buat mereka.

Penurunan demi penurunan mata uang ini akan menjadikan barang2 akan menjadi semakin mahal, tidak terkecuali emas. Ingat bahwa perdagangan emas memakai standar US$. Sewaktu Tulisan ini saya buat emas berada pada 1240US$/oz,  atau meningkat lebih dari 40% dibanding pada  Bulan yang sama tahun lalu. Jika melihat data ini, masihkan Anda menabung dalam US$ ?.

Lalu bagaimana dalam Rupiah, saat ini bertengger di Rp.358rb (mahirberinvestasi.com), atau meningkat 16% dibanding periode yang sama tahun lalu. Rupanya rupiah kita lebih jago dibandingkan US$, terbukti dalam US$ emas naik lebih dari 40%, sedangkan dalam Rupiah hanya 16%.  Dengan data ini pula bagaimana jika dibanding dengan bunga  tabungan/deposito  kita di bank  ?. Silakan anda simpulkan sendiri.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: