Home > Analisa Harga, Serba-Serbi > Harga Emas saat Lebaran

Harga Emas saat Lebaran

Tulisan ini saya ambil dari www.mbemas.com

by : Sholdip Muhammad

 

HARGA  EMAS  SAAT  LEBARAN

 

Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke Kami, mengenai harga emas saat Lebaran. Rata2 penanya berasumsi bahwa komoditi emas, akan sama seperti komoditi yang lain, semacam daging telur, baju dll. dimana saat menjelang Lebaran harga2 komoditi yang merupakan kebutuhan sehari-hari tersebut melonjak tinggi.

 

Lebaran dari segi ekonomi selalu identik dengan permintaan sejumlah barang, Saat sebelum Lebaran tingkat konsumsi masyarakat meningkat tajam, bahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan peredaran uang Bank Indonesia, seperti yang kita saksikan di layar Televisi siap menggelontorkan uang Tunai dalam jumlah Trilyunan Rupiah.  Atas  permintaan yang tinggi inilah, Harga dengan otomatis akan terkerek naik.

 

Jumlah peredaran uang di Masyarakat yang meningkat dan permintaan Masyarakat akan Barang yang meningkat akan mendorong peningkatan inflasi, seperti yang selalu di rilis oleh BPS (Badan Pusat statistic) kita, setiap Bulan ramadhan dan Lebaran pastilah angka inflasi kita meningkat.

Atas berbagai keadaan seperti diatas lalu bagaimana dengan pergerakan harga Emas ?

Untuk menjawab hal tersebut alangkah bijaksananya jika kita memperhatikan  dan menganalisanya dari data berikut :

 

Grafik diatas agar memudahkan kita dalam menganalisa, saya mematok pada bulan juli dengan index 100, yang artinya pada tiap bulan dari Januari sampai Desember saya membandingkannya dengan bulan Juli. Karena bulan Juli saya anggap mewakili representasi sebelum Bulan Puasa. Sehingga kalau angkanya lebih dari 100 berarti ada kenaikan, namun jika dibawah 100 berarti ada penurunan.

 

Data yang saya ambil ini selama 5 tahun terakhir. Perhatikan pada titik-titik yang berwarna kuning. Tanda kuning tersebut adalah saat tanggal Lebaran pada tahun-tahun tertentu sesuai legend-nya. Terlihat ada 3 tahun  mengalami kenaikan yaitu di tahun 2005, 2007 dan 2009, sedangkan tahun 2006 dan 2008 mengalami penurunan. Scorenya 3:2, dan kalau dilihat rata-ratanya memang mengalami kenaikan, walaupun hanya sedikit.  Namun jika kita melihat trend tersebut justru berkebalikan. Karena ternyata tahun-tahun kenaikan itu adalah pada tahun ganjil, sedangkan trend penurunan pada tahun genap.  Saya memberikan tanda berwarna hitam untuk tahun 2010 ini, dimana kemungkinannya (sesuai trend linearnya) Pada Lebaran tahun 2010 ini agak sedikit menurun. Sekali lagi saya sampaikan bulan pembandingnya adalah bulan Juli.

 

Namun sebenarnya Harga emas sangat-sangat dipengaruhi fluktuasi harga International, dan pengaruh lebaran di Indonesia amat sangat kecil. Karena perdagangan emas di Indonesia memang juga kecil dibanding perdagangan emas di seluruh Dunia. Dan yang kita analisa ini adalah emas yang bukan dalam bentuk perhiasan. Jika kita berbicara emas perhiasan memang kebiasaannya naik di Hari dan menjelang Lebaran, karena kebutuhan masyarakat akan fashion juga meningkat.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan hanya Dia-lah Yang Maha Sempurna

  1. muhammad sodik
    July 25, 2011 at 10:44 am

    maksudnya patokan bulan juli kenapa?apakah kalo juli naik maka lebaran makin naik harganya?trims

    • July 26, 2011 at 7:06 pm

      sebenarnya mau di patok bulan apapun gak masalah, namun kenapa juli. karena lebaran tahun ini dan tahun2 lalu jatuhnya pada bulan setelah juli. sehingga biar nampak perbedaan harganya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: