Home > Analisa Harga > Harga emas di 2011

Harga emas di 2011

Ketika dalam penerbangan saya ke Makassar tadi pagi, mata saya tertarik untuk membaca di sebuah harian nasional yang artikelnya mengenai ‘stress test’ perbankan Indonesia yang dilakukan oleh IMF, dan kalau sobat tertarik silakan juga searching di internet mengenai hal ini. Saya tidak akan membahas masalah yang di tolak oleh Bank Indonesia ini, karena BI menganggap hasil yang dirilis dalam stress scenario ini sungguh ekstrim, dimana jika terjadi gejolak ekonomi di Indonesia, misalkan di 2010, PDB Indonesia minus 4,9 maka inflasinya akan meningkat menjadi 18,3% dan nilai tukar menjadi Rp13.415/US$.

Ternyata IMF melakukan uji tekanan stabilitas system keuangan tersebut bukan hanya untuk Indonesia, tapi terhadap Negara lain, seperti Amerika Serikat, Jepang dan Negara Eropa lainnya. Lalu dalam benak saya terpikir, apakah scenario yang dibuat IMF ini merupakan kekhawatiran akan terjadinya resesi di kemudian hari ?. sehingga musti dibuatkan scenario-skenario yang mungkin timbul akibat dari keadaan tersebut. Jika saja scenario tersebut menjadi kenyataan, bagaimana kaitannya dengan harga emas ?, saat ini yang belum krisis saja sudah di angka US$1290/oz, dengan nilai tukar Rp.8950/US$, harga emas di Indonesia sekitar 372rb/gram, jika harga emas dunia tetap dengan nilai tukar menjadi Rp13.415/US$, maka Emas di Negeri kita akan dihargai 556rb/gram. Namun jika Amerika juga krisis dan emas dunia naik menjadi US$2000/oz dengan kurs Rp13.415/US$, emas akan melambung menjadi 862rb/gram !!!.

Analisa diatas hanyalah ilustrasi jika terjadi krisis, namun saat ini di Negeri kita tidak seperti itu, seperti halnya yang dilansir oleh BI, bahwa fundamental ekonomi kita kuat, pastilah akan diambil langkah2 penyelamatan jika terjadi situasi yang tidak kondusif.

Jika keadaannya tetap seperti sekarang ini apakah emas juga akan tetap naik harganya ?. jawabannya “ya”. Kenapa ?. karena kita menggunakan uang kertas, dan nilai kertas tersebut jauh dibawah nilai yang tertera didalam uang tersebut. Jika sobat membaca di berita di internet ataupun media lainnya bahwa pooling yang diadakan oleh LBMA (London Bullion Market association) para pelaku pasar per-emasan memperkirakan bahwa di tahun depan atau 2011 emas akan menembus diangka US$1500/oz. perkiraan ini bukan hanya saya ataupun kita yang tinggal di negeri yang cadangan emasnya sangat kecil lho!!!. Tapi oleh pelaku-pelaku pasar per-emasan Dunia !. dan jika kita konversi ke Rupiah dengan kurs Rp8.950/US$, maka kita akan membeli emas tersebut dengan harga Rp432rb/gram. teks aslinya silakan klik disini

Sekali lagi saya menekankan, masa depan hanya Allah SWT Yang Maha Tahu, tidak ada satupun manusia yang bisa persis memprediksi masa depan.

tulisan ini bisa jug di akses di www.mbemas.com

  1. November 14, 2010 at 3:23 pm

    yes.menanam jabon bagaikan menanam emas

  2. December 16, 2013 at 6:52 am

    Hi! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be ok.
    I’m definitely enjoying your blog and look forward
    to new updates.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: