Home > Analisa Harga > Emas Sudah 400rb, Apakah ketinggian ?

Emas Sudah 400rb, Apakah ketinggian ?

Kurang dari 10 hari, tepatnya 9 hari yang lalu saya menulis tentang harga emas yang hampir 400ribu, dan saat ini emas telah betul-betul mencapai harga tersebut. Coba saja tengok di web resminya logammulia.com anak perusahaan PT. ANTAM, untuk harga emas yang 1Kg tepat telah mencapai 400rb/gram, untuk satuan batangan yang lebih kecil tentunya lebih mahal. Sedangkan jika kita tengok harga International yang ada di web ini emas telah melaju dengan kencangnya di US$1377/oz.

Secara Teknikal saat ini memang agak sulit di prediksi karena pasar yang begitu sangat volatile, hal ini disebabkan secara Fundamental lagi terjadi “Perang”. Banyak sekali Media yang membahas tentang Perang ini, memang sepertinya kita aman2 saja tidak mendengar desing peluru, ataupun meriam menggelegar. Karena ini memang perangnya Negara-negara yang mempunyai pengaruh ekonomi Besar. Dan inilah “perang mata uang”. Namun akibatnya barangkali tidak kalah mengerikan dibandingkan dengan perang sungguhan dengan militer.

Sudah kita ketahui bersama bahwa dalam decade terakhir Amerika selalu deficit dalam perdagangan Internationalnya, terutama dengan Cina, Produk Cina membanjiri pelosok2 Negeri Paman Sam, bahkan pelosok negeri kita Juga. Dan Produk Amerika semakin tersingkir, bahkan tingkat pengangguran di Amerika terus meningkat dari tahun ke tahun akibat dari mandegnya produksi yang kalah bersaing dengan Cina. Produk Cina bisa amat sangat murah karena Amerika menuduh Cina telah diam-diam menurunkan mata uangnya. Tuduhan Amerika tidak tanggung2. Mata uang Yuan/Reminbi lebih rendah nilainya dari yang semestinya, sebesar 40% !!!. Jika mata uang Yuan akan menguat, buru2 bank sentral Cina mengintervensi agar yuan tetap lemah. Hal ini dimungkinkan karena cadangan Devisa Cina sangatlah besar, yaitu sebesar 2,5Triliun Dolar, bandingkan Negeri kita tercinta yang konon 68M dolar saja.

Mas Obama sering mondar-mandir ke Cina dalam rangka melobi agar mata uang Yuan tidak selalu “dilemahkan”, namun rupanya tidak pernah berhasil. Cina lebih mementingkan industry dalam Negerinya agar terus bisa bergerak dan terus membanjiri seluruh Dunia dengan produk2 buatannya. Mestinya Amerika tidak tinggal diam, negeri yang saat ini menjadi Adikuasa tersebut kayaknya memang “mungkin” masih perkasa dalam segi ekonomi, akan berusaha untuk terus melemahkan mata uangnya. Lihat saja mata uang kita yang tahun lalu bertengger di harga 9800-an/dolar saat ini dikisaran 8900/dolar. Mata uang paman sam terus merosot dan memang “sengaja” di turunkan, sekali lagi agar produknya menjadi murah dan laku di Negara lain. Saya juga pernah mengulasnya beberapa waktu lalu bahwa Yen Jepang menguat dalam 15 tahun terakhir .

Pelemahan Dolar Amerika otomatis membuat gerah juga Negara2 yang mengekspor produk2nya, sebut saja Jepang. Industri Jepang sangat terpukul dengan pelemahan Dolar ini. Dan bulan lalu Jepang menabuh genderang Perang akan turut juga melamahkan mata uangnya. Dan inilah yang namanya mata uang bisa gampang saja dipermainkan, karena memang sebenarnya uang kertas tersebut bernilai NOL, nilainya hanya karena ada yang menjamin dan tinggal di print saja sesuai kemauan yang menjaminnya. Maka tidaklah aneh jika akhir-akhir ini kita terus disuguhi kenaikan emas yang semakin tinggi dan tinggi. Jika mata uang yang dipakai untuk membelinya terus melemah, bukankah harga emasnya akan terus menaik ?. Dan ingatlah sobat kenaikan bukan hanya terjadi pada emas saja, namun seluruh barang dan jasa dipastikan juga akan naik. Dan lagi2 kita yang menabung dalam uang kertas akan sangat dirugikan.

Banyak Sobat yang menanyakan ke saya apakah harga sekarang sudah tinggi dan saatnya menjual ?. atau bagi yang ingin membeli, apakah harga 400ribu tidak ketinggian ?.. Silakan cermati saja tulisan diatas, ataupun jika Sobat berkenan bisa membeli Buku elektronik Mahir berinvestasi Emas (MBE) yang kami buat yang membahas komplit seluk-beluk tentang berinvestasi emas. Sehingga akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dan MBE tersebut kami update dan kami tambahkan halamannya setiap 2 bulan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: