Home > Analisa Harga > Emas kembali menguat

Emas kembali menguat

Setelah sempat mereda di minggu kemarin, emas dalam perdagangan International semalam kembali menguat, bahkan pagi ini berada di posisi US$1390/oz. Pelemahan emas selama seminggu kemarin di bayang-bayangi dengan pertemuan Negara-Negara maju yang akan “mengerem” penurunan mata uang-mata uang mereka. Negara-Negara yang sudah menabuh genderang perang mata uang seperti Amerika Serikat, Jepang, Cina dan Negara-Negara kuat Eropa “katanya” bersepakat agar mata uang mereka tidak terus di turunkan. Karena penurunan mata uang yang terus-menerus akan terus menggerus daya beli mata uang itu sendiri dan akibatnya tentulah menyengsarakan penduduk bumi.

Tentulah dampat kesepakatan tersebut menyebabkan mata uang kembali menguat, dan merupakan kebalikannya barang2 riil akan menurun termasuk emas. Namun rupanya peristiwa itu tidaklah berlangsung lama, karena seminggu kemudian emas kembali menguat. Kenapa hal ini bisa berulang lagi ?.  barangkali bisa kita mengerti karena :

1.       Fundamental ekonomi Negara-negara maju masih dibayang bayangi ketidakpastian ekonominya. Sehingga pemilik modal masih enggan memegang uang kertas. Dan mereka merasa aman jiga memegang benda riil seperti halnya emas.

2.       Negara Cina yang memiliki cadangan emas dan juga cadangan US$ dalam jumlah  cukup besar bahkan konon menyarankan warganya agar berbondong-bondong menyimpan asetnya dalam bentuk emas, tentulah tidak mau jika emas turun. Karena jika emas turun berarti menggerus tabungannya

3.       Apakah kesepakatan untuk tidak menurunkan mata uang tersebut bisa di pegang ?. karena mereka ingin mengamankan industrinya yang merupakan penggerak ekonomi negaranya dari keterpurukan !. menurunkan mata uang berarti meningkatkan daya saing produknya di pasar International.

Seperti tulisan saya terdahulu mengenai harga emas tahun 2011 , para pelaku pasar per-emasan meyakini emas akan terus meningkat, dan kemungkinannya hingga US$1400-1500/oz.

Dan di Negara kita bisa menembus Rp400-500rb/gram

InsyaAlloh

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: