Home > Analisa Harga, Artikel, Triks n Tips > ONH semakin Murah

ONH semakin Murah

Tinggal  beberapa hari lagi salah satu hari besar Islam datang, ialah Iedul adha, hari Haji, ataupun Hari Arafah, ada yang  menyebut juga Idul qurban. Bagi yang menunaikan Ibadah haji, puncaknya pada tanggal 9 dzulhijjah bertepatan dengan 15 November 2010. Yaitu semua Jamaah haji berbondong-bondong ke Padang Arafah di tanah Makkah, diikuti penyembelihan Qurban pada tanggal 10dzulhijjah. Namun saya akan membahasnya hanya dari segi biaya haji .

Saat ini bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji musti nunggu sekian lama, seperti jika sekarang mendaftar di Jawa Tengah, Sobat  musti bersabar karena waiting listnya sekitar 4 tahun. Di Jawa Timur bahkan bisa lebih lama lagi, tujuh tahun atau  2017.  Hal ini tidak kita temui di tahun 80-an ataupun 90-an. Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Sebagai pemerhati per-emasan jawaban saya adalah. “karena ONH (ongkos naik haji) dari tahun ke tahun semakin murah”.  Loh kenapa begitu ?. bukankah kenyataannya ONH naik terus dari  tahun ke tahun ?.

Perhatikan grafik dibawah ini.  ONH yang dibayar dengan Rupiah, lihat  grafik batang dengan gambar 100rb, dan sumbu vertical sebelah kiri  dalam jutaan rupiah.  Di tahun 2005 ONH sekitar 23,5juta, 2006 naik hampir 27juta, dan terus naik yang puncaknya di tahun 2009 menjadi 36juta, lalu 2010 turun menjadi 31juta. Khusus 2010 turun dibandingkan tahun sebelumnya. Karena Pemerintah didesak untuk menurunkan ONH oleh masyarakat dan DPR. Dan juga penguatan Rupiah terhadap US$. Namun yang jelas  Trendline ONH dalam rupiah meningkat .

Lalu perhatikan grafik yang berwarna merah kuning, dengan sumbu vertical sebelah kanan, dari tahun 2005 ONH jika dibayar dengan emas  171gram, 2006 menurun menjadi 153gram, 2007 hanya 141gram, 2008 turun lagi 119, tahun 2009 menjadi 109gram dan di tahun 2010 ini hanya 88gram !!!. Jelaslah bahwa ONH jika dibayar dengan emas semakin murah !….

Ada yang berpendapat, karena ONH itu selalu dibayar dengan US$, mendingan kita menyiapkannya dengan US$, atau menabung untuk Ongkos naik Haji dengan US$. Baiklah kita perbandingkan juga US$ dengan Emas dengan data dibawah ini .

ONH emas VS ONH Dolar

Sumbu vertical kiri menunjukkan ONH dalam US$ dan trendline-nya tetap saja meningkat. Karena memang biaya tiket pesawat terbang juga meningkat. Tahun 2005 sekitar US$2500, dan di tahun 2010 US$3342.  Sedangkan pembandingnya adalah emas dengan sumbu vertical di sebelah kanan dan terbukti menurun

Terbukti bahwa emas bisa menjadi andalan kita dalam menyimpan nilai bahkan jika untuk membayar ONH-pun akan semakin murah, coba tanyakan kepada orang tua kita yang pergi haji di tahun 90-an. Mereka membayarnya amat sangat mahal untuk ukuran kita sekarang. Karena dulu ONH setara dengan 300gram !!!.

Lalu bagaimana caranya berinvestasi dalam emas ini.  Kami “MBE Publisher” sudah membuatkan ebooknya untuk sobat. Silakan dapatkan disini

Hanya Allahlah Yang Maha Tahu

  1. November 13, 2010 at 10:07 am

    Wow.. analisanya mantab uuiii… Semakin semangat baca2 data kaya gini…

    • November 20, 2010 at 7:12 pm

      thanks bro. kalau memang bermanfaat, tolong di share ke temen2 yang lain ya

  2. December 19, 2010 at 1:58 am

    wah boleh update n copas artikel ndak pak?

    • December 19, 2010 at 6:57 am

      Mas Dedi, silakan anda ambil alinea pertamanya trus untuk artikel alinea lain silakan di link ke blog ini….. win-win solution bukan ?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: