Home > Analisa Harga, Triks n Tips > Harga Emas Batangan, dimana lebih murah ?

Harga Emas Batangan, dimana lebih murah ?

Ada semacam anomali pada harga emas batangan LM 24K produksi PT. Logam Mulia anak perusahaan ANTAM, akhir-akhir ini kalau membeli langsung di ANTAM lebih murah di banding di pasaran luar (diluar ANTAM). Padahal beberapa bulan lalu membeli di ANTAM akan lebih mahal di bandingkan di luar ANTAM. Sehingga beberapa sobat di Facebook Grup “Mahir Berinvestasi Emas”, dulu sering mendiskusikan ‘kenapa membeli LM langsung di ANTAM lebih mahal ?’.

Dari pernyataan diatas, dapat saya sampaikan hasil ‘mengembara’ saya ke beberapa outlet penjualan emas berbentuk batang yang berlabel LM tersebut.

Pertama saya survey 6 toko emas besar yang ada di kota Surabaya, Semarang, Solo dan Jogja dan selama ini menjadi rujukan masyarakat dalam membeli LM. Hasilnya semua toko emas yang saya kunjungi tersebut menjual dengan harga yang lebih mahal di bandingkan harga yang dikeluarkan ANTAM, pada saat yang sama. Semakin kecil ukuran Bar (batangan) akan semakin tinggi selisihnya.

Hasilnya adalah :

1. LM 100-50gram selisihnya sekitar Rp.2000-Rp.5000 per gram

2. LM 25gram selisihnya sekitar Rp.5000-Rp.10.000 per gram

3. LM 10-5gram Selisihnya sekitar Rp.7.000-Rp.15.000 per gram

4. LM bentuk phisik yang lama, rata2 sama dengan harga ANTAM

5. Ada toko emas yang kehabisan stoknya

Kedua saya juga mengunjungi 2 Bank Syariah yang melayani gadai emas, saat ini masyarakat yang menggadaikan emasnya juga meningkat tajam, mereka menggadaikan emas bukan untuk konsumsi ataupun biaya menyekolahkan anak, namun mereka menggadai untuk investasi, dengan cara menggadai emas lalu uang hasil gadai dibelikan emas lagi, lalu di gadai lagi dst. Dan bahkan ada bank yang menyediakan emasnya trus kita beli dengan cara gadai.

Ketiga, saya sempatkan ke kantor pemasaran PT. ANTAM bagian penjualan LM di Surabaya. Oleh Staff setempat disampaikan bahwa sudah tiga pekan belakangan mereka tidak ada stok LM. Dan belum mendapatkan kiriman stok lagi dari Jakarta. Kata staff tersebut akhir-akhir ini permintaan LM meningkat sangat tajam dan pengiriman dari Kantor pusat Jakarta juga tersendat. Dan ketika saya lihat hari, 23 Nov 2010 ini di website resminya ANTAM, stok LM hanya untuk yang batangan 1gram dan 250gram saja.

Dari ketiga fakta tersebut akhirnya kita dapat menyimpulkan, kenapa harga LM saat ini meninggi dari yang seharusnya. Jawabannya sudah kita ketahui bersama dan berlaku hukum ekonomi yaitu permintaan lebih tinggi dari penawaran. Kalau beberapa bulan yang lalu saat permintaan stabil harga LM di pasaran sama dengan di ANTAM.

Karena jika ada penambahan permintaan pastilah ANTAM yang menjadi buffernya. Namun saat ini ketika ada permintaan yang meningkat, toko-toko emas tidak bisa membeli dari ANTAM, karena tidak ada stok, dan mereka mendapatkan barang dari sesama penjual LM juga dengan menambahkan keuntungan tertentu. Dan ini di amini oleh mereka, bahwa saat ini mereka mendapatkan LM sudah lebih tinggi dari harga standard ANTAM.

Sebenarnya kami bukan penjual emas, namun atas saran sobat MBE, untuk menjembatani yang ingin investasi ke emas dan belum tahu dimana tempat membeli, akhirnya kami juga menyediakan tempat membeli LM online. Dan Kami Mbemas.com juga mendapatkan LM sudah lebih tinggi dari harga ANTAM. kami memberikan margin yang wajar sekitar 2%, untuk operasional, ongkos kirim dan asuransinya. Harga yang kami sampaikan-pun sudah termasuk ongkos kirim dan asuransinya ke seluruh wilayah Indonesia.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: