Home > Analisa Harga > US$ Index : Salah satu Acuan prediksi Harga Emas

US$ Index : Salah satu Acuan prediksi Harga Emas

Jika Sobat melihat di web ini, kami menampilkan 2 buah chart, yang pertama adalah harga emas dalam US$ per troy ounce. Dan kedua adalah US$ Index. Kenapa US$ index perlu kami tampilkan ?
Karena jika mata uang US$ menguat, yang terjadi “kebiasaannya” emas akan turun. Mata uang diperdagangkan seperti halnya komoditi, ataupun barang dagangan lain. Sehingga jika US$ ini menguat otomatis barang lainnya akan murah. Contohnya saat ini senin 29 Nov 2010 Index US$ diatas 81, dan emas berharga 1359/ounce, padahal beberapa waktu yang lalu saat emas di kisaran 1400/ounce, index US$ ini ada di kisaran 78.
US$ Index (USDX) adalah sebuah indeks untuk mengukur dari nilai relatif dolar Amerika Serikat terhadap beberapa mata uang asing. dan Beda dengan daya beli US$. Dan ini adalah timbangan rata2 geometrik  dari nilai dolar dibandingkan  dengan :
* Euro (EUR), bobotnya 57,6%
* Japanese Yen (JPY), bobot 13,6%
* Pound sterling (GBP), bobot 11,9%
* Canadian dollar (CAD), bobot 9,1%
* Krona Swedia (SEK),bobot 4,2%
* Swiss Franc (CHF) bobot 3,6% . 
USDX dimulai pada Maret 1973, setelah adanya Pengingkaran Perjanjian Bretton Woods tahun 1971. Pada awalnya, nilai indeks Dolar AS 100. Sejak diluncurkannya US$ Index ini pernah mencapai tertinggi di angka 160-an dan terendah  70,7  pada 16 Maret 2008, saat Amerika di landa krisis Financial karena suprime mortgage.. Sebagai pembanding mata uang yang lainnya pernah diubah hanya sekali, ketika beberapa mata uang Eropa dimasukkan oleh Euro pada awal 1999.
USDX Diperbarui setiap kali secara riil time karena perdagangan mata uang International yang terbuka, mulai dari Minggu malam waktu New York (Senin pagi waktu Australia/Asia) selama 24 jam sehari sampai akhir Jumat sore waktu New York. USDX dapat diperdagangkan sebagai kontrak berjangka di IntercontinentalExchange (ICE). Hal ini juga tersedia dalam pertukaran diperdagangkan dana (ETF), option dan reksa dana. 

Jadi USDX ini bisa dipakai juga sebagai salah satu acuan dalam memprediksi harga emas

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: