Home > Analisa Harga, Artikel, gold, investation > Mengapa emas akan terus naik ? (bag.4)

Mengapa emas akan terus naik ? (bag.4)

Pada bagian ke-4 tentang alasan mengapa emas akan terus naik ini, saya akan mengajak pembaca situs ini untuk melihat potensi  Negara-negara yang saat ini sangat pesat  dalam pertumbuhan perekonomiannya, yaitu China dan India, yang keduanya di Asia dan mempunyai jumlah penduduk yang sangat besar, masing-masing 1,3 dan 1,1 Milyard.  dua Negara ini ditambah  Rusia, dan Brazil juga  disebut BRIC (Brazil, Rusia, India, China).
Negara pertama yang akan kita bahas adalah China, dengan cadangan devisa dalam US$ yang sangat besar , yaitu  2,648 trilyun pada bulan September   2010 hanya memiliki cadangan emas sebesar 1.054 ton, atau hanya 1,7%-nya. Bandingkan dengan Amerika sendiri sebagai pemrakarsa kapitalis dan juga produsen US$, memiliki 8.133 ton, atau sekitar 73.4% dari cadangan devisanya di bank sentral. Tentunya Pemerintah China sebagai pemegang US$ terbesar akan  akan berpikir sekian kali untuk tetap memegang devisanya dalam mata uang Amerika tersebut, ingat pada tulisan saya terdahulu :. Tentang inflasi,  penurunan daya beli US$, dan juga peningkatan jumlah US$ yang sangat banyak. Jika tetap memegang US$ maka Jerih Payah rakyat china dalam memperoduksi barang akan menguap karena penurunan dan pelemahan US$.
India yang saat ini juga menjadi Negara dengan pertumbuhan  spektakuler  hanya mempunyai emas  557,7ton, dan merupakan   8,1% dari cadangan bank sentralnya. Rakkyat India juga  menjadi pengkonsumsi emas terbesar di Dunia untuk perhiasan, terutama di Bulan Desember seperti ini permintaannya akan meningkat karena adanya upacara keagamaan disana. Dengan jumlah penduduk diatas 1,1Milyard tentu saja akan turut mempengaruhi harga emas. Negara ini tentunya juga akan turut juga memperbesar cadanbgan emasnya karena ketidakpastian masa depan US$, terbukti di bulan September tahun lalu ketika IMF menjual 200ton emas-nya langsung di borong oleh India. Dan saat itu emas langsung melonjakkan harga emas, karena pasar menilai ada kekuatan lain selain China yang siap melahap emas karena ingin mengurangi cadangan devisanya dalam US$ dan berganti ke emas.
Bagaimana jika Kedua Negara ini mengalihkan cadangan devisanya ke emas, dan mengikuti Negara-negara maju seperti Amerika yang devisanya 73,4%nya adalah emas.  dan Zona Eropa 60,7%nya juga emas. Maka produksi emas dunia yang sekitar 2200ton tidak akan mencukupi . Apalagi jika rakyatnya turut menabung dalam bentuk emas, dengan penduduk diatas 2,4milyard. Merupakan konsumen yang amat sangat besar.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: