Home > Analisa Harga, Artikel, gold, investation, investment > Mengapa harga emas akan terus naik ? (bag.5)

Mengapa harga emas akan terus naik ? (bag.5)

Pada bagian ke-5 ini saya menyoroti dari sisi hutangnya Amerika, kenapa musti Amerika yang akan kita bahas ?. karena memang Negara ini adalah super power, baik dari militernya, maupun ekonominya. Coba perhatikan Negara Negara ini mempunyai militer yang terkuat di Dunia, namun justru penyerangannya kje berbagai Negara membuahkan hutang yang sangat banyak, dan juga dari segi ekonomi. Negara ini mampu menyerap 40% dari eksport Negara di seluruh muka bumi ini.

Saat ini hutang Amerika menurut sumber dari Wikipedia mencapai sekitar 13,9T US$, coba kalau di rupiahkan…… hmmmmm (13.900.000.000.000 x 9.000 = ?… waduh kalkulator saya sudah gak muat). Ini belum termasuk hutang swasta. Dan hutang ini  terus-menerus membangkak. Waktu menjabat presiden,  Pak Bush menambah hutang Pemerintah Amerika 4T saat pemerintahannya. Wal hasil, Pak  Bush mendapat tudingan sebagai salah satu presiden yang menerapkan anggaran belanja terburuk dan cenderung merugikan negara. Di antaranya, anggaran untuk invasi Iraq dan Afghanistan yang diestimasi oleh Kantor Kongresional Bujet Nonpartisan mencapai USD 2,4 triliun. Mas Obama hingga saat ini sudah menambah hutangnya Amerika 3T, dan diperkirakan akan bertambah 5T pada 2012 nanti. Karena dipakai untuk  bailout ekonomi yang porak-poranda pada 2008-2009 lalu karena kasus supreme mortgage.

 

Saat ini hampir seluruh Negara di dunia memberi hutang pada Amerika, yang terbesar adalah  China dan Jepang yang memegang 44%. Kita tahu bahwa China dan jepang adalah Negara exporter terbesar di Dunia, sehingga cadangan devisa US$-nya sangat besar. Sehingga mereka turut pula membeli surat hutang dari pemerintah Amerika.

 

Seperti halnya kita misalkan meminjamkan hutang kepada seseorang yang hutangnya semakin besar dan besar. Apakah kita mau akan meminjamkan terus ?….. saat inipun China sudah gerah dengan hutang Amerika yang terus menumpuk bahkan US$ yang terus melemah. Lalu apa solusinya jika sudah tidak ada yang bisa memberikan hutang ?. dan bagaimana membayar bunga hutangnya ?.  langkah yang diambil adalah dengan mencetak dolar2 baru dengan menambah jumlah uangnya disamping berguna untuk membayar hutang berguna juga untuk meningkatkan daya saing produknya ke pasar International. Karena barang produksi Amerika menjadi kompetitif di pasar global seiring melemahnya mata uang US$. Kaitan ulasanya di tulisan tgl 11 Dec 2010 dan 13 Dec 2010

 

Masihkah anda mau menyimpan US$ ?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: