Home > Analisa Harga, Artikel, gold, investation, investment > Catatan Kenaikan Harga Emas 2010

Catatan Kenaikan Harga Emas 2010

Bagi yang sudah menikmati manisnya Investasi emas pada tahun 2010 ini saya mengucapkan selamat. Karena langkah anda sudah benar dengan mengganti asset  palsu anda menjadi asset riil berupa Logam Mulia yang kemilaunya sepanjang masa. Kemilaunya sudah ada sepanjang sejarah peradaban manusia selama 5000tahun.

Saya akan mengulas mengenai harga emas sepanjang tahun 2010 ini, Pada tanggal 13 January saya pernah menulis di blog gratisan wordpress bahwa rata-rata kenaikan emas selama 3 tahun terakhir adalah 23%/tahun nah ternyata tahun inipun emas mengalami kenaikan yang sama dengan rata-ratanya tersebut. Berarti  jika anda pada awal January 2010 lalu mempunyai uang  17juta rupiah dan anda investasikan ke emas, maka  setelah 1 tahun uang anda yang 17juta tersebut akan menjadi 22juta Rupiah. Bandingkan dengan Deposito yang mendapatkan bunga 7%,  uang 17juta tersebut setelah 1 tahun hanya akan menjadi 18,19juta saja. Hayooo pilih mana ?….

Guna mengulas harga emas, saya membuat chart untuk anda seperti dibawah ini,

Garis merah adalah harga tertinggi yang dicapai dalam setiap bulan.

Garis biru menggambarkan harga terendah dalam setiap bulan

Garis ungu adalah harta tengah atau rata-rata dalam setiap bulan.

Sedangkan garis hijau adalah prediksi harga yang saya tulis di blog gratisan wordpress juga pada 24 Juni 2010 (untuk melihatnya silakan klik pada tanggalnya). Kenapa garis hijaunya mulai bulan Jun ?. jawabannya ya… karena prediksinya pada bulan juni lalu. Bulan Januari hingga May harganya sudah terjadi. Mulai bulan Juni hingga Desember, bandingkan garis hijau dengan garis merah dan biru, prediksi yang saya sampaikan memang tidak 100% tepat, karena masa depan hanya milik Allah semata. Namun praktis hanya bulan oktober yang keluar dari garis biru. Dan Desember yang keluar dari garis merah. Dan sayapun masih meyakini tahun 2011-pun akan akan menunjukkan pola yang hampir sama.

Saya juga menyampaikan chart kedua untuk melihat perubahan harga bulan per bulan.

Untuk grafik garis ada 2 yaitu warna merah dan biru, warna merah untuk mengetahui perubahan dalam US$ dan warna biru untuk mengetahui perubahan dalam Rupiah. Dan agar bisa membandingkan saya memakai index 1 untuk awal tahun atau bulan January.

Harga emas dalam US$ ataupun dalam rupiah praktis bersama dan beriringan, artinya tidak ada gejolak yang berarti antara harga di Negara kita ataupun di Pasaran Dunia. Hal ini menandakan kurs tukar Rupiah kita yang cukup stabil. Atau gejolak kurs sangat landai.

Mulai Bulan January harga emas terus menunjukkan penguatan, namun antara bulan Juni ke Juli emas sedikit menurun karena tekanan jual yang cukup besar setalah menguat tajam sejak January. Sejak bulan September emas terus melaju naik sangat kencang, karena pengumuman Pemerintah Amerika serikat yang akan kembali membailout perekonomiannya, Milyaran dolar baru akan di luncurkan ke pasar, sehingga membuat US$ sangat murah. Sehingga otomatis emas terangkat naik.

Sekarang perhatikan grafik batang berwarna hijau, ada yang naik dan ada yang turun, dan ini adalah fluktuasi harga pada bulan tersebut. Perubahannya saya hitung berdasarkan harga di awal bulan versus harga di akhir bulan. Dan ternyata perubahan penurunan ataupun kenaikan emas per bulan amat sangat fluktuatif. Dan ini tidak baik bagi yang senang berspekulasi dalam investasi emas. Karena peluangnya hanya 7/12. Bagi yang ingin belajar Investasi emas lebih lanjut, silakan membaca buku elektronik  MBE (Mahir  Berinvestasi Emas) dan menjadi bagian dari halaman MBE untuk update informasi.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: