Home > Artikel, gold, investment, Serba-Serbi > Dimana Emas di Seluruh Dunia Berada ?

Dimana Emas di Seluruh Dunia Berada ?

Dimuka Bumi ini diperkirakan ada sekitar 150.000-160.000 Ton Emas yang sudah berhasil ditambang oleh Manusia. Dan menurut World Gold Council jumlah yang terbesar, 52% untuk Perhiasan, diantaranya yang banyak dipakai kaum hawa untuk acara kondangan biar “ngrempyang”….🙂 . Salah satu Negara yang kebutuhan emas perhiasannya yang besar adalah India, silakan baca juga artikel yang saya tulis sebelumnya. Negeri Nehi-nehi tersebut penduduknya gemar sekali dalam memakai perhiasan. 18% untuk cadangan di Bank Sentral, akan saya jelaskan di tulisan lebih lanjut, 16% dipakai untuk Investasi, baik oleh perusahaan-perusahaan ataupun perorarangan seperti halnya pembaca setia website ini ……🙂 , 12% untuk Industri, contohnya untuk pembuatan prosessor computer yang saya pakai untuk memposting tulisan ini, ataupun pelapis handphone, kacamata, dll. dan 2% tidak tahu rimbanya, nah barangkali yang terakhir ini kalau di Indonesia seperti halnya “konon harta Presiden sukarno yang banyak dicari oleh paranormal-paranormal kita”.🙂🙂🙂🙂🙂

Gold, jewelry, reserve

Gold Percentage

Kemudian Negara mana saja yang menyimpan emasnya paling banyak di Bank Sentral ?. siapa lagi kalau bukan Negara Adidaya Amerika serikat. Karena uang US$ dipakai untuk perdagangan International dan juga dijadikan cadangan Devisa oleh Negara lain, so pasti Negara tsb bisa menumpuk kekayaannya dalam wujud emas. Berikut saya ambilkan data 20 Negara yang menyimpan emasnya terbesar, walaupun dalam data ini ada Negara kita tercinta, namun sebenarnya kita hanya menduduki peringkat 36.

Gold bank sentral

Gold bank sentral

Bandingkan cadangan emas kita yang hanya 73,1Ton, jangankan dengan Amerika yang punya lebih dari 8000ton, dengan tetangga kita Philipina saja kita kalah.

Coba kita tengok lagi data dibawah ini, ternyata dari 20 Negara penyimpan emas terbesar tadi, Negara-Negara di belahan Eropa dan Amerikalah yang persentase Devisanya dalam bentuk emas paling tinggi. Negara-Negara di Asia sangat minim cadangan devisanya dalam bentuk emas, namun jangan senang dulu kalau Negara kita 3,6% Devisa kita dalam bentuk emas, sedangkan Saudi Arabia, Jepang dan China ada dibawah kita. Karena cadangan Devisa mereka dalam US$ ‘amat’’sangat’ besar. Kita hanya sekitar 80Milyar dolar mereka, diatas 1000milyar, bahkan china diatas 2000Milyar.

Gold Devisa

Gold Devisa

Nah ini lagi faktanya, berapa emas yang di punyai per individu atau emas per kapita dari bank sentral masing-masing di setiap Negara. Lagi-lagi Negara Maju mempunyai emas per kapita yang lebih banyak. Data dari world gold Council yang saya buatkan chartnya dibawah ini menunjukkan faktanya.

gram perkapita

Gold Per capita

Seandainya …. (boleh kan beranda-andai !) nanti buble ekonomi yang berbasis uang kertas ini meletus, dan uang kertas tidak berharga lagi, bahkan tidak dipakai dalam perdagangan. maka swiss dan Negara-Negara Maju lainnya di belahan Amerika dan Eropa sana yang masih akan makmur. Karena mempunyai emas perkapita/per-orang jauh lebih banyak di bandingkan Negara2 Berkembang. Bandingkan penduduk Indonesia yang hanya kebagian 0,3gram dengan penduduk Amerika yang 26,2gram, atau bahkan swiss yang 136,4gram.

Kalau bank Sentral kita tidak menambah cadangan Devisanya dalam bentuk emas, cukuplah kita rakyat Indonesia, khususnya pembaca setia website  www.mbemas.com ini  yang mendiversikasikan tabungannya dalam bentuk emas, agar jika krisis demi krisis nantinya terulang kita sudah bisa menyelamatkan asset jerih payah hasil kerja keras kita.

Hanya Dialah Allah, Yang Maha Tahu masa depan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: