Home > Analisa Harga, gold, investation, investment > Emas ketinggian ….. (waktu itu)

Emas ketinggian ….. (waktu itu)

Kemarin siang, sewaktu perusahaan kami mengadakan annual marketing conference di Kota perjuangan Bandung,  saya ketemu dengan teman lama, yang dulu pernah satu kantor sewaktu dia di tempatkan di solo dan sudah sekitar 1 tahun dia dipindahkan oleh perusahaan di Jakarta. Sewaktu kami bersalaman karena saya menanyakan kabar. Namun saya tidak dijawab dengan kata “baik”, seperti orang kebanyakan menjawab pertanyaan kabar dari seseorang. Dengan spontan dia menjawab “ wah saya menyesal Pak, kenapa waktu Bapak kasih tau saya untuk memindahkan tabungan saya ke emas, saya tidak melakukannya dan sekarang emas sudah naik tinggi banget !”.

Sekitar 1,5 tahun lalu saya pernah beberapa kali berdiskusi tentang invest emas dengan teman saya ini, saya lupa tanggal pastinya. Dan waktu itu harga emas, diangka 313rb. Setelah melihat catatan harga emas di sheet exel saya, memang harga ini terbilang tinggi dari  sebulan sebelumnya yang sekitar 305ribu. Saya mendorong teman saya ini untuk mengalihkan tabungan rupiahnya ke emas, namun dia masih enggan dengan mengatakan “ah ini kan harganya sudah tinggi pak”. Waktu itupun saya hanya menjawab “ya betul ini tinggi, namun nanti akan lebih tinggi lagi “. Dan saya mengatakan lagi “InsyaAllah nanti waktu yang akan membuktikan kata-kata saya, dan anda akan mengamini perkataan saya ini”. Dan akhirnya terbukti dengan ketemu-nya saya dengan teman saya tersebut setelah 1,5tahun berikutnya.

Dari cerita diatas, saya ingin menghitungkan cerita di atas dengan anda. Misalkan saat 1,5tahun yll (padahal harga tinggi). Anda memindahkan uang 31,3juta ke emas berarti anda akan mendapatkan 100gram emas. Dan jika saat ini dijual, setelah dikurangi selisih buyback, anda akan memperoleh 40juta (ini harga lagi rendah). Dan uang anda sudah tumbuh 27,8%. Dalam waktu 1,5tahun. Atau jika dibagi ke tahunan maka tumbuhnya 18,5%. Bandingkan jika uang 31,3jta tadi masuk ke deposito, maka hanya akan tumbuh menjadi 33,8juta, dengan asumsi bunga deposito 7%/tahun  dan dikurangi pajak bunga 20%. Anda akan mendapatkan selisih 6,2juta.

Disamping ada keuntungan 6,2juta dibandingkan deposito, keuntungan lainnya :

1. Jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo maka akan kena pinalti, biasanya 1% sedangkan emas saat kita butuhkan dananya tinggal di uangkan saja saat itu juga

2. Perhitungan diatas adalah beli saat harga tinggi dan jual saat harga rendah, anda akan lebih untung jika membeli saat harga rendah dan jual saat harga tinggi.

3. Emas bisa anda cairkan dimanapun, Deposito hanya dapat dicairkan di bank penerbit (setahu saya).

4. Deposito belum mampu mengimbangi inflasi, dengan bunga 7%/tahun dan dipotong 20%, belum mampu mengimbangi inflasi Indonesia yang menurut BPS tahun kemarin  2010 adalah 6,33%

Semoga bermanfaat

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

