Home > Analisa Harga, Artikel, gold, investment > Gelembung harga emas dan pemahaman masyarakat

Gelembung harga emas dan pemahaman masyarakat

Tahukah anda sobat ?. Di Perdagangan International bahwa hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun emas diperdagangkan dari US$500 menuju US$1400 per ounce (31,1gram).  Atau jika di buat annual emas tumbuh 28,6%/tahun, (data saat tulisan ini dibuat dari goldprice.org)  jauh melebihi pada saham di New York (1 %), dan juga Obligasi (6,1%).

Kemudian muncul pertanyaan, apakah harga ini adalah harga gelembung ?. yang sewaktu-waktu bisa meletus dan harga emas jatuh terjungkal. seperti halnya bursa saham pada tahun 2008 lalu ?. memang tidak ada yang bisa memprediksikan secara pasti akan masa depan emas, namun guna menjawab pertanyaan itu, jawaban mudahnya silakan tengok kembali artikel yang berjudul “mengapa harga emas akan terus naik” yang saya sampaikan dalam 5 bagian tulisan yang terpisah. Silakan sobat baca2 kembali.

Dan juga ingatlah akan peristiwa-peristiwa dalam ekonomi, setiap ada berita buruk dalam ekonomi, harga emas meninggi, dan setiap ada berita baik harga emas menurun. Apakah kita yang sudah mendiversikasikan tabungan ke emas bersenang-senang jika ada berita buruk dalam ekonomi ?. Saya kira tidak bijaksana jika hal itu kita lakukan karena ekonomi memburuk berarti derita bagi kebanyakan orang. Masak sih kita bergembira disaat orang lain menderita ?. menurut saya yang benar adalah. “KITA TIDAK MAU TURUT MENDERITA KARENA MEMBURUKNYA EKONOMI”. Kita tidak mau turut kehilangan jerih payah kita hanya karena ketidakberdayaan uang kertas yang dipakai untuk membayar pekerjaan kita.

Setiap saya berjumpa dengan orang di sekeliling saya, baik itu teman sekantor, saudara ataupun relasi bahkan investor dalam bursa saham ataupun produk derivatifnya. Mereka semua belum begitu sadar bahwa emas adalah investasi yang sangat menguntungkan dan mampu mempertahankan  daya Financial kita.  Mereka masih menganggap emas investasi kuno, dan tidak modern seperti halnya yang saat ini marak di Dunia Investasi seperti Saham, Reksadana, ORI, Sukuk, unit-linked Asuransi ataupun produk-produk lainnya. Coba tanyakan orang-orang disekeliling anda apakah mereka “ngeh” tentang investasi emas ?.

Kembali lagi ke masalah harga emas apakah sudah menjadi gelembung seperti pada alinea ke-dua diatas. Harga emas seperti saat ini yang sudah dikisaran US$1360/ounce ataupun Rp.410.000/gram amat sangat sedikit orang yang “ngeh” tentang emas. Bagaimana jika nanti orang2 yang kita temui yang tadinya tidak mengerti tentang emas lalu menjadi mengerti dan memindahkan tabungannya ke emas?. Karena mereka semakin sadar bahwa uang kertas sebagai wujud jerih payahnya yang mereka pegang justru semakin meluruh daya belinya. Bukankah permintaan emas akan semakin naik. Dan ingat pula bahwa emas sifatnya bukan local ataupun nasional, namun seluruh masyarakat Dunia. Bagaimana jika semua masyarakat Dunia merubah sebagian tabungannya ke emas ?. bukankah supply n demandnya tidak akan sebanding. Dan harga emas semakin menggila ?.

Masyarakat Dunia semakin sadar bahwa krisis demi krisis saat ini sedang datang silih berganti, krisis di Negara satu belum selesai, krisis mendera di Negara lain muncul, dan bahkan merembet seperti halnya penyakit kangker yang sulit disembuhkan dan justru menjalar ke tubuh-tubuh sehat yang lain. Kita ingat 2008 Amerika di dera kasus supreme mortgage yang saat inipun belum sembuh benar, lalu di belahan Eropa, Yunani  dilanda krisis Finansial, kemudian merempet ke Irlandia, saat inipun Spanyol dan Portugal juga di ambang krisis dengan  Lilitan utang yang sangat besar.

Saya hanya berharap apa yang kita usahakan untuk membuat orang mengerti tentang emas ini dapat berguna manakala krisis demi krisis ini menimpa kita. Sehingga daya financial kita tetap bertahan. Dan mudah-an langkah kita ini benar dan diridloi oleh-Nya. Sehingga sayapun menghimbau sobat,…. Mari dorong saudara, teman dan handaitaulan kita untuk memahami krisis-krisis ekonomi karena ketidakberdayaan uang kertas yang kita pegang dan mengalihkannya kepada uang yang sebenarnya dan sudah terbukti sepanjang 5000tahun peradaban manusia. “emas”.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: