Home > Analisa Harga, gold, investment > Setidaknya ada 4 alasan kenapa tahun 2011 ini emas akan naik

Setidaknya ada 4 alasan kenapa tahun 2011 ini emas akan naik

Mencermati perkembangan harga emas saat ini yang belum beranjak naik, banyak sobat MBE (maksudnya yang sudah memiliki ebook MBE… red), banyak bertanya ke saya yang jika saya sarikan seperti berikut ini  : Kapan emas akan naik ?.  Sampai di harga berapa penurunan harga emas ?. Apakah saat ini tepat membeli ?. kalau beli sekarang jangan2 nanti turun lagi. Saya sendiri orang yang tidak bisa memastikan masa depan. Karena manusia sungguh tidak kuasa terhadap masa depan. Namun saya selalu menjawab “sekarang baik untuk menambah, mensubtitusi, memindahkan sebagian tabungan uang kertas anda ke emas”.
Saya akan mencoba berargumen tentang jawaban saya tadi.
Pertama, hasil dari pooling LBMA yang pernah saya sampaikan pada 5 nov 2010 lalu, bahwa para pelaku pasar yang tergabung dalam LBMA tersebut melakukan pooling dan hasilnya di tahun 2011 ini emas akan menembus US$1500/oz, karena pada Desember lalu sudah berada di US$1400/oz.
Kedua : Jajak pendapat yang dilakukan oleh Reuters pada January 2011 ini terhadap 65 analis per-emasan, bahwa harga rata2 emas tahun 2011 akan berada di kisaran US1450/oz. Jajak pendapat ini memperkirakan pada kuartal pertama emas akan berada di kisaran US$ 1400/oz, kuartal kedua US$1432/oz, kuartal ketiga US$1477/oz dan kuartal keempat US$1520/oz.
Ketiga : Kita sudah sering mendengar  dan membaca dalam berbagai berita ekonomi bahwa The Federal Reserve (Bank Sentral USA) akan tetap mempertahankan suku bunga pada angka 0,25%. Dan berakibat penyimpan US$ tidak tertarik dengan bunga yang  serendah ini.
Keempat : Pada Bulan November 2010 lalu Amerika sudah bulat ingin menambah jumlah uang beredarnya senilai US$ 600.000.000.000 (600milyar) yang bernama QE2 (quantitative easing ke-2, karena yang pertama sudah dilakukan pada tahun lalu) untuk kembali memberikan stimulus perekonomiannya yang belum pulih dari krisis 2008.

Jika tulisan ini bermanfaat, share-kan ke teman2  lainnya dengan klik icon2 di bawah ini. F untuk facebook ataupun W untuk WordPress  ataupun t untuk twitter

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: