Home > Analisa Harga > Perang Libya…….. harga emas naik

Perang Libya…….. harga emas naik

Saat ini berita-berita di Koran maupun di Televisi di banjiri dengan perang di Libya, Pemerintahan Kaddafi yang menyerang pemberontak dan juga Pemerintah Kaddafi yang di serang oleh Tentara Koalisi yang saat ini aktif dilakukan oleh Amerika Serikat, Perancis dan Inggris, dengan dalih menegakkan zona larangan terbang, namun yang di tembak bukan pesawat Kaddafi yang terbang saja, namun juga fasilitas-fasilitas Pemerintah Libya yang ada di darat.  Dan menurut banyak pengamat timur tengah dikatakan tentara koalisi memang melampaui batas. “masak mengawal resolusi PBB terhadap zona Larangan terbang kok yang di Bombardir yang di darat juga”. Kata salah satu pengamat yang saya lihat di Metro TV, tapi saya lupa namanya. Hanya karena satu hal “minyak”.

harga emas naik

Di perut Bumi Libya memiliki cadangan minyak 47 miliar barrel, dan merupakan negara penghasil minyak terbesar ke 9 di dunia, dan negara penghasil  minyak terbesar di Afrika. Libya menjadi anggota OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries), kekayaannya yang miliaran barrel minyak ini, Libya menjadi faktor penting bagi stabilitas energi dunia. Libya bukan hanya penghasil minyak, tetapi negeri di Afrika Utara ini, juga memiliki cadangan gas, 54 triliun kubik.  Hampir 95 persen minyak Libya di export ke negara-negara Barat dan Eropa.

Libya memproduki minyak 4,5 juta barrel/setiap hari.  Negara-negara Barat dan Uni Eropa sangat bergantung dengan pasokan energi minyak dari Libya. Dengan adanya perang di Libya maka pasokan minyak Dunia akan berkurang dan ini sangat berakibat pada kenaikan harga minyak. Saat ini minyak mentah sudah ada di kisaran US$105/barrel, atau mengalami kenaikan sekitar 1,9% dari sebelum terjadinya perang di Libya.

Lalu apa hubungannya dengan harga emas. Silakan perhatikan chart yang ada di sebelah kiri web ini. Saat tulisan ini saya sampaikan ke pembaca, emas naik 24,7dolar, atau naik 1,75%. Di pungkiri ataupun tidak kenyataannya emas sudah naik sedemikian besar. Dan bandingkan dengan harga minyak mentah dunia yang juga naik. Bukankah kenaikannya significant ?.

Emas naik 1,75% dan minyak naik 1,9%. Sebuah korelasi yang yang harmonis. Kenapa hal ini seiring sejalan ?. Minyak adalah komoditi yang selalu menjadi rebutan orang untuk menggerakkan mesin2 kendaraan ataupun industry ataupun lainnya. Sehingga jika ada sentiment sedikit saja terhadap Negara pengekpor minyak, maka otomatis harganya melonjak apalagi Libya yang menjadi salah satu pengekspor minyak terbesar di Dunia. Dan emas mempunyai nilai yang tetap sepanjang masa sehingga akan selalu berkorelasi terhadap harga-harga komoditi yang lainnya.

 

Seperti yang saya baca pada harian terkemuka di tanah air, bahwa Amerika Serikat tidak bersedia menjadi pemimpin dalam koalisi menyerang Libya. Karena mendapat tekanan dari dalam Negerinya,  bayangkan kalau pada selasa lalu saja Amerika menembakkan 119 Rudal jelajahnya yang berharga satuannya  1juta US$….  wuih… 8,8Milyar ……… Perang membutuhkan Jutaan US$ (kalau di Rupiahkan tentunya Trilyunan).  Sehingga Mas Obama angkat tangan, emoh jadi peminpin koalisi. Karena banyaknya utang Negaranya. Seperti tulisan saya pada tanggal 27 Jan 2011, untuk memulihkan ekonominya saja yang lunglali akibat krisis 2008 lalu membutuhkan “ngeprint” 600Milyar dolar. Lah kalau nambah biaya perang lagi, perlu ngeprint berapa lagi ?.  Dan ingat pula tulisan saya pada 12 Desember 2010 lalu, bahwa setiap Amerika melakukan peperangan nilai mata uangnya semakin turun. Karena perang yang membutuhkan biaya besar akan sangat menguras cadangan keuangan Negaranya. Perlu  “ngeprint” duit lagi dan lagi.

 

Jika Amerika terus terlibat perang, sangat besar kemungkinannya harga emas akan semakin tingi lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Karena mata uang US$ semakin lunglai akibat bertambahnya pasokan. Wallahu ‘alamu bissawwab

  1. No comments yet.
  1. March 27, 2011 at 11:55 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: