Home > Analisa Harga > Memprediksi trend harga emas kedepan

Memprediksi trend harga emas kedepan

Saya tampilkan sebuah gambar grafik harga emas mulai pada tanggal 27 Agustus 2005 hingga 8 April 2011, di paling kanan sumbu X (mendatar dibawah)  di chart ini tertulis tanggal 18 desember 2010 ini karena yang ditandai adalah kolom ke-empat disebelah kirinya. (silakan di klik gambarnya untuk memperbesar agar lebih jelas).

Dalam mencermati pergerakan harga ini saya menggunakan analisa teknikal Moving Average (MA), yaitu sebuah indicator untuk menentukan trend yang terjadi di pasar/market.

Gambar seperti Gergaji  yang naik turun dan berwarna hitam adalah grafik harga emas dalam US$/oz, sedangkan grafik yang naik turunnya lebih halus ada 2, yang berwarna hijau dan berwarna merah.

Yang berwarna hijau adalah MA 10, dan yang berwarna merah adalah MA50,  semakin besar MA maka garisnya akan semakin rata dan semakin kecil akan semakin mengikuti grafik aslinya. Sekali lagi saya tekankan indicator ini untuk mengetahui trend harga dari pasar.

Nah bagi yang sudah mafhum dengan forex trading indicator ini amatlah sangat mudah dipahami, namun bagi sobat yang belum mengerti-pun bisa melihat dari chart diatas. Perhatikan saja garis singgung antara MA10 dan MA50. Garis persinggungan menandakan pembalikan arah trend, baik itu trend naik ataupun trend turun. Nah dengan timeframe mingguan, kenapa pakai mingguan ?. karena investasi emas adalah investasi jangka panjang. Sehingga timeframe mingguan barangkali lebih mewakili. Dalam 6 tahun terakhir hanya ada 2 persinggungan, yaitu pada agustus 2008 dan pada akhir januari 2009.

Artinya sejak Agustus 2005 hingga Agustus 2008 emas trennya terus meningkat harganya, dan turun pada Agustus 2008 setelah januari 2009 terus menunjukkan trend yang terus naik harganya hingga sekarang. Dan saat inipun jarak antara MA10 dan MA50 masih terbuka lebar, sehingga kemungkinannya sangat kecil untuk terjadinya pembalikan arah dalam waktu dekat, bahkan siapa tahu justru semakin lebar jaraknya yang notabene harga semakin naik dan naik lagi.

Dan tulisan ini melengkapi tulisan2 terdahulu mengapa emas akan terus naik bagian 1-5

Ini hanyalah analisa yang kebenarannya Hanya Allah SWT-lah Yang Maha Tahu

Tambahan dari Mas Mbe,

Saat ini buku “SIAPA BILANG INVESTASI EMAS BUTUH MODAL GEDE” ‘dengan 200rb bisa kok!’. Sudah tersedia di  toko-toko buku terkemuka di kota anda. Harganya hanya Rp.27ribu.

  1. August 10, 2011 at 2:03 pm

    Memang bener, harga emas naik terus, bhkan semakin menggila. Tanggal 8 dan 9 agustus adl buktinya. Smpai bingung knp sedahsyat itu. Gejala apa ini??

    • August 10, 2011 at 2:39 pm

      inilah keruntuhan ekonomi kapitalis, berbasis uang kertas. yang uangnya sebagian besar hanya berputar pada orang2 kaya. dan bahkan 80% uangnya hanya dipakai untuk spekulasi di pasar saham, valas, komoditas dan juga produk derivatifnya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: