Home > Artikel > Bank-bank sentral ramai-ramai borong emas

Bank-bank sentral ramai-ramai borong emas

Kebiasaan saya bisa  baca Koran jika perjalanan dinas keluar kota, dan dari sekian banyak Koran yang menarik bagi saya jika artikelnya tentang ekonomi,  karena bagi saya jika bicara ekonomi berarti menyangkut hajat hidup dan kesejahteraan orang banyak. Menyangkut dapur mengepul di rumah ataupun konsumsi kita sehari-hari. Apalagi jika artikel tersebut membicarakan tentang emas.

Ada 3 koran yang pagi tadi saya baca, dan tentunya bukan semua artikelnya dong !!, mana sempat !. wong waktunya hanya saat nunggu naik pesawat. Paling banter sejam doang… (ngikut bahasanya sobat saya yang di Jakarta nih.) ketiga Koran tersebut adalah Media Indonesia, Kontan dan Sindo. Koran Sindo headline Ekonominya mengambil judul “Ekonomi Tumbuh 6,5%, BPS perkirakan PDB perkapita 2011 capai US$3.550”. syukurlah pertumbuhan yang cukup bagus, karena perkiraannya memang 6,4-6,5% year on year. Syukurlah berarti kalau dilihat pertumbuhan tersebut Negeri kita bertambah makmur.  Tidak seperti di Negara Amerika dan Eropa yang masih terseok-seok perekonmiannya, gak numbuh2.  Artikel ini saya kaitkan dengan Headline Ekonomi lain dari Media Indonesia dengan judul yang tak kalah menariknya : “Resiko Inflasi Nasional Masih Tinggi “. Inilah yang jadi masalahnya. Ekonomi tumbuh, namun di satu sisi Inflasinya beresiko tinggi, hal ini karena penopang pertumbuhannya adalah konsumsi rumah tangga. PDB  Rp.1732,3 T  komponen terbesarnya adalah konsumsi Rumah tangga yang  55,7%. Sehingga walaupun bulan April deflasi 0,3% karena penguatan Rupiah terhadap US$ namun konsumsi Rumah tangga ini tidak terlihat melambat. Jadi perlu waspada terhadap inflasi yang meninggi.

Bagi yang sudah belajar tentang emas pastilah sudah tahu apa jawabannya untuk menghilangkan pengaruh resiko inflasi yang merupakan perampok uang kita tersebut. Kemudian saya membuka lagi di halaman berikutnya dari Media Indonesia  judulnya amat sangat banget (ikut2 tokoh politik waktu jaman reformasi, hayooo siapa..?) menggelitik mata saya : BANK SENTRAL RAMAI-RAMAI BERBURU EMAS. Nah ini yang dahsyat….. rupanya selain China dan India seperti yang sudah saya tulis beberapa bulan lalu (klik aja untuk lihat lagi disini) ada lagi 3 Negara yang berencana menambah cadangan emas di bank Sentralnya. Mereka adalah : Mexico, Rusia, dan Thailand. Mexico dalam beberapa tahun terakhir cadangan emasnya meningkat dari 6,84ton menjadi 100,15ton… waduh Negara kita sudah kalah nih. Hanya punya 73 ton saja, padahal tambangnya banyak di Negeri kita. Lalu Rusia menurut data IMF membeli 18,8ton dan Thailand 9,3ton. Melihat fenomena dari bank-bank sentral ini berarti kedepannya kemungkinan besar permintaan dari bank sentral lain akan terus meningkat. Seiring dengan melemahnya dolar AS.

Bank sentral Negara lain pada pinter2 ya. Kalau misalkan mereka nyimpan US$ 100M, malah nilainya terus merosot. Sementara jika di jadikan emas, dalam setahun uang US$100M tadi sudah jadi US$123M (karena emas tumbuh 23% dari data kitco per hari ini)…………..

Kalau bank sentral Negara lain pada rama-ramai berburu emas, masak kita diam2 saja, menyaksikan nilai uang kita yang terus merosot……….. ayo tunggu apalagi… mumpung lagi turun..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: