Home > Serba-Serbi > Ternyata Negara-negara maju justru paling banyak hutangnya

Ternyata Negara-negara maju justru paling banyak hutangnya

Malam ini harga emas yang ada di web www.mbemas.com menunjukkan angka $1775 per ounce, yang berarti  naik $35 dibandingkan kemarin, sebesar 2,03%. Dalam sebulan sudah naik $191, atau 12,35%. Jika dihitung dalam 6bulan terjadi peningkatan $378, atau 27,78%. Sedangkan selama setahun sudah naik $543, atau 45,46%. Kira-kira investasi apa yang bisa menandingi tingginya kenaikan emas ini ?. !!.

Beberapa sobat saya menanyakan, kenapa harga emas begitu menggila ?. tentulah jawabannya adalah pelemahan US$, lalu kenapa US$ melemah ?. karena rating kredit  hutang Amerika menurun dari AAA menjadi AA+, yang artinya kemampuan bayar hutang Negara Adidaya tersebut melemah. Pemilik modal pada pesimis terhadap perekonomian, Bursa saham anjlok. Lalu pemilik modal mengalihkan kepada komoditi yang sangat dipercaya selama ribuan tahun akan nilainya, yaitu emas.  dan yang tidak kalah penting adalah pernyatan the FED yang akan menerapkan kebijakan dengan QE jilid 3(Quantitative Easing). Padahal tahun lalu sudah ada QE 1, lalu ada QE 2 dan kini ada QE 3. Kita orang awam mamaknai QE ini adalah penambahan uang kertas baru bernama US$ yang akan digelontorkan ke pasar. Dan ini akan berakibat penurunan US$, …. Inflasi lah pokoke. Emas semakin terdongkrak naik kan !?…

 Barangkali diantara sobat pembaca web ini sudah mengetahui, bahwa hutang Negara super power tersebut saat ini adalah yang terbesar di Dunia. Hingga detik ini sudah tercatat $14,587,727,605,443.44 (Baca saja 14,59 Trilyun US$). Jika di rupiahkan silakan kalikan sendiri dengan 8500, (saya coba pake excel saja susah ngebacanya). Artinya hutang Negara kita yang saat ini sekitar 1900T rupiah masih amat kecil jika dibandingkan dengan hutang Amerika tersebut. Hehehehe, berarti kita masih bisa ngutang lagi dong… jangan lah ya masak ngutang kok jadi hobby.

Jangan hanya terjebak pada hutang Amerika saja sobat, saat inipun Negara-Negara maju di belahan Eropa sana juga sedang dirundung masalah hutang, beberapa bulan lalu kita disuguhkan oleh Ketidak mampuan Yunani karena terlilit hutang, sehingga harus di talangi Negara Uni Eropa lainnya. Nah ternyata dari daftar 13 Negara pengutang terbesar di Dunia, 11 Negara di antaranya adalah Negara-Negara di benua Eropa, yang kita tahu mereka adalah Negara-Negara yang dikatakan sangat maju, ternyata maju juga hutangnya.

Dan ini menjadi pelajaran juga bagi kita, setelah Yunani, Irlandia, Portugal, Spanyol, Amerika. Lalu akankah Negara yang masuk dalam pengutang besar ini akan turut pula terkena krisis hutang ?. seperti halnya Inggris yang saat ini dilanda kerusuhan massal, lalu prancis, Jerman, Italia. Lalu seluruh Eropa terkena krisis hutang. Jika ini terjadi apa yang akan terjadi dengan harga emas ?. apa yang terjadi dengan uang kertas ?. akankah kiamat 2012 yang diramalkan oleh Bangsa Maya,  terjadi pada perekonomian berbasis uang kertas ini ?.

 

Sebelum uang kertas yang anda pegang terus merosot nilainya, saran saya segera beralihlah ke benda-benda riil, dan salah satunya emas. titik.

Chart dibawah ini menunjukkan hutang-hutang tersebut  yang saya ambil dari Wikipedia

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: