Home > Analisa Harga > Prediksi Harga Emas

Prediksi Harga Emas

Saat harga emas dalam dashboard www.mbemas.com yang kami link-kan ke  harga emas dunia mencapai rekor tertinggi US$1802 pekan lalu, beberapa sobat kita tercengang, terbelalak, bahkan beberapa di antaranya sempat menelepon saya. Menanyakan apa yang terjadi, kenapa terjadi dan fenomena apa ini, trus bagaimana trend harga emas ke depan. Ada juga sobat kita yang berinvestasi emas dengan cara beli gadai – beli gadai lebih bingung lagi. Karena musti apa yang yang harus dilakukannya,  apakah melepaskan gadainya (istilahnya panen) atau menahan beberapa saat karena siapa tahu ini belum level tertingginya. Lain lagi pertanyaan sobat saya berikutnya,  yang sudah membaca dan mempelajari buku “Siapa bilang Investasi Emas butuh modal Gede”?. namun hingga saat ini belum action untuk mengalihkan simpanan uang kertasnya ke emas, karena masih menunggu-nunggu harga baik. Pertanyaan yang diajukannya ke saya, “Saya belum juga beli, karena menunggu harga rendah, eeee bukan harga rendah yang saya dapatkan, justru harga naik sangat tinggi menjadi 500rb per gram (padahal waktu itu sempat mau beli di harga 420rb/gr), kalau saya beli sekarang apa nanti tidak rugi, karena harga ini sudah naik sangat tinggi”……….. itulah emas … harga naik membuat orang bingung, harga rendah-pun membuat orang juga bingung. Untuk menghilangkan kebingungan gampang kok, waktu saya masih remaja dulu suka di nasehati oleh teman2 sebaya. “kalo bingung di balik saja bajunya/kaosnya”…. Ah gak masuk akal banget…. Namanya juga selorohnya remaja… hehehe

Pada January 2011 lalu saya pernah membuat tulisan “Empat jawaban tahun 2011 ini emas akan naik” (untuk membacanya lagi silakan klik link yang saya sampaikan dalam tanda petik tersebut). Yang kala itu di prediksi bahwa emas akan berada pada angka $1520  per ounce, dan ternyata justru melesat hingga melebihi $1800. Kenapa bisa terjadi ?. ingat sobat, bahwa harga prediksi waktu itu adalah jika kondisi ekonomi berjalan normal, namun kenyataannya di tahun 2011 ini tidak normal. Ada gejolak timur tengah yang berkelanjutan, Ada gempa dan tsunami di Jepang, dan yang paling mengguncangkan adalah penurunan peringkat hutang Amerika dari AAA menjadi AA+ oleh Lembaga Standard and Poor .

Keterlibatan Amerika dan Eropa pada perang di Libya, sangat menguras keuangan mereka. Padahal Amerika dan Eropa adalah Negara-Negara pengutang terbesar. Pasti ada udang di balik batu dari keterlibatan mereka, lha wong hutangnya saja banyak kok, malah ikutan perang di Negara orang lain. kalau alasannya sih menegakkan demokrasi, apa iya ???. wis gak usah kita bahas yang itu. Mendingan lihat lagi hutang2 mereka yang banyak dan ada kaitannya dengan harga emas. silakan cek lagi di sini. Hutang yang semakin banyak menyebabkan kepercayaan investor untuk memegang uang mereka semakin sedikit, akhirnya seperti Amerika misalkan, karena surat hutang negaranya tidak terserap pasar lagi terpaksa yang membeli adalah Bank sentralnya sendiri. Alias jeruk makan jeruk. Darimana bank sentral dapat duit?. Gampang….. tinggal print. Selesai.

Misalkan saja jika ada teman anda yang suka hutang untuk membiayai kehidupan borosnya. Dan dia terus saja berhutang untuk gaya hidupnya tersebut. Apakah anda mau akan memberikan pinjaman hutang baginya ?. mungkin anda akan berkata “maaf  ya, gue aja hidup hemat dan sederhana, masak elu mimjam duit ke gue untuk foya2 dan boros.”

Lah Pak, kapan bahas prediksi harga emasnya ?….

Sik to. Sabar….. karena pertanyaan di atas tadi banyak, jadi musti di urai satu per satu. Nah. Akhirnya konggres Amerika menyetujui penambahan hutang baru dan juga tentunya menambah jumlah uang baru. Yang istilah kerennya QE (quantitative easing). Bahkan sejak 2009 lalu sudah ada QE1, QE2, dan QE3, entah mungkin tahun-tahun mendatang akan ada QE4, QE5. Dst……. Dan inilah yang menyebabkan jumlah US$ terus bertambah jumlahnya yang berakibat penurunan nilai mata uang tersebut. Menurut Mas Nico dari kontan, QE1 besarnya US$1,7trilyun, dan QE2 sebesar US$600. QE3 ?. belum ada kabar jumlahnya berapa ?. mungkin sekitar US$800, (perkiraan asal-asalan dari “orang pintar”, setelah menerawang lewat lamunan hehehhe…..). Saya mengingatkan lagi untuk melihat2 analisa sebelumnya, ada 5 kok, klik salah satunya disini.

Sebenarnya masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab tuh, namun daripada kelamaan karena terus terang saya sudah agak pegal,  sejak habis subuh sampai jam 8 ini masih terus membuat data dengan excel dan juga menulis artikel ini. Maka langsung saja saya sajikan grafiknya sbb :

Grafik ini datanya saya ambilkan dari media online seperti goldprice.org yang mereka ambil dari kitco.com, sehingga kenyataan dengan emas fisik di Indonesia berbeda di kisaran 10-20 ribu per gram, maklum saja karena harga yang mereka sajikan adalah harga dalam pasar komoditas, di atas kertas bukan phisik. Dan ingat pula bahwa walaupun bulan Agustus emas sempat menyentuh diatas 500rb/gram namun dalam grafik yang saya sajikan ini untuk bulan agustus Rp 464rb per gram. Karena yang saya hitung adalah harga rata-rata, bukan harga tertinggi.

Dengan perhitungan seperti ini, kemungkinan rata-ratanya di bulan Sep, Okt, Nop, dan Dec  berturut-turut, harga emas akan mencapai sekitar  460rb, 472rb, 501rb, dan 504rb. Namun jika tingkat kepercayaan pelaku pasar terhadap pemulihan perekonomian dunia menurun, pastilah harga emas akan naik lebih tinggi dari perkiraan tersebut. Prediksi harga emas hingga akhir tahun ini bukan saya maksudkan untuk menggiring opini Sobat dalam menentukan kapan harus membeli dan menjual emas, namun  hanya sekedar pengetahuan yang saya sampaikan saja. Salah dan benar hanya milik-Nya. Karena masa depan tidak ada seorangpun yang tahu.

Merdeka !!!. Tujuh belas Agustus tahun 45…..

Merdeka dari penjajahan bangsa lain, dan juga Merdeka dari penjajahan uang kertas.

Dirgahayu Republik Indonesia tercinta yang ke-66

Wassalam

  1. November 15, 2011 at 12:19 pm

    Mantap,.. thanxs

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: