Home > Analisa Harga > Pergerakan Harga Emas

Pergerakan Harga Emas

Pada bulan Agustus yang bertepatan dengan bulan ramadhan ini kita dikejutkan dengan berbagai kejatuhan bursa saham dunia, hal ini seperti yang banyak di uraikan oleh para analis bahwa penyebabnya adalah ketidakpercayaan para pelaku pasar terhadap ekonomi kapitalis yang berbasis uang kertas. Gonjang –ganjingnya sesuai dengan tingkat kredibilitas pada lembaga yang menjaminnya.  Uang kertas dan saham mempunyai nilai karena ada lembaga yang menjamin, dan jika lembaga penjamin dinyatakan sudah kurang credible maka otomatis harganya akan jatuh. Dan buktinya saat peringkat hutang Amerika diturunkan dari AAA menjadi AA+. Seperti tulisan yang pernah saya sampaikan pada tanggal 10 dan 17 agustus lalu .

Tak ayal, kejatuhan bursa saham dunia akhirnya mendongkrak harga emas,  karena emas dipercaya dan memang sudah terbukti selalu menjadi pelarian saat uang kertas dan surat berharga, jatuh nilainya. Emas juga menjadi komoditi sebagai yang sangat cair dan mudah di perdagangkan. Karena memang emas sejatinya adalah “uang sebenarnya”. Bukankah sebelum pemakaian uang kertas, perdagangan dunia memakai emas ?.  Silakan tengok kembali tentang hal ini di tiga buah buku yang pernah kami tulis.

Pergerakan harga emas pada tahun 2011 rata-rata sekitar 2%. Berikut datanya

Bulan

Pertumbuhan (%)

Jan

-2.72

Feb

-2.03

Mar

5.97

Apr

-1.47

May

7.46

Jun

-1.38

Jul

1.41

Aug

9.02

Rata-rata

2.0325

Jika anda melihat data diatas,  berarti harga emas terendah  pada tahun 2011 ini adalah pada bulan Februari, karena selama January dan February terjadi penurunan berturutan. Anda yang membeli emas pada bulan Desember 2010 dan Januari 2011 akan lebih mahal dibandingkan beli pada Febuari. Lalu pada maret 2011 emas bergerak naik hampir 6%, hal ini dipicu oleh lembaga peringkat Standard and Poor’s yang menurunkan peringkat “prospek ekonomi Amerika”, dari stabil menjadi negatif. Sebagai akibatnya, nilai dolar merosot ke tingkat terendah dalam tiga tahun. Dan pada May 2011 emas kembali naik dengan cukup tinggi sebesar 7.46%  setelah Fitch Ratings menurunkan peringkat kredit Yunani, Euro jatuh sebanyak 1,2 persen terhadap dolar . dan keterlibatan NATO terhadap perang di Libya yang akan menggerus keuangan Negara di Zona Eropa. Lalu yang paling spektakuler kenaikannya adalah pada bulan agustus 2011 ini, emas naik 9% terhadap bulan sebelumnya, seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa Amerika semakin kurang berdaya terhadap pembayaran hutangnya dan ini dikemukakan oleh lembaga pemeringkat hutang Standard and Poor.

Lalu akan kemana larinya pergerakan emas setelah agustus ?.

Berikut saya gambarkan grafiknya

 

Jika kita lihat pada grafik diatas,  pergerakan harga emas seperti mata gergaji, setelah naik, maka akan turun di bulan berikutnya, begitu juga sebaliknya setelah turun maka akan naik di bulan berikutnya. Lalu apakah pada bulan September akan turun ?. apakah mata gergajinya akan terbentuk lagi ?.

Setidaknya ada 3 jawaban untuk pertanyaan tersebut.

  1. Jika melihat trendnya, ya betul akan turun, karena psikologi pasar setiap kenaikan tinggi, para pelaku pasar akan melepas kepemilikan emasnya untuk mengambil untung. Sehingga harga bergerak turun, mungkin bisa jadi minus.
  2. Harga akan tetap naik, namun kenaikannya tidak sebanyak pada bulan Agustus, bisa saja 1%-5%. Hal ini melihat dari potensi trendline yang saya sajikan diatas.
  3. Harga akan naik lebih tinggi lagi, karena kepanikan pasar terhadap gejolak ekonomi Amerika dan Eropa

Dari 3 jawaban tersebut rasanya saya lebih memilih yang nomer 2. Saya suka menyenangi yang tengah-tengah, walaupun saya sebenarnya anak sulung…. (loh opo hubungane !!!)…🙂

  1. September 11, 2011 at 1:37 pm

    Investasi dalam bentuk emas dan perhiasan lainnnya memang investasi yang paling menjanjikan untuk saat ini, dan mungkin untuk selamanya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: