Home > Artikel, gold > Kelangkaan Emas

Kelangkaan Emas

Sudah 2 bulan ini emas terus merangsek naik harganya, dari sekitar  $1540 /oz, kini bertengger di $1840/0z. dan puncak tertingginya ada di $1923/oz. dan inilah kenaikan tertinggi emas dalam sejarahnya setelah di picu turunnya peringkat hutang Amerika dan juga rentannya ekonomi zona Eropa yang juga karena hutang yang menggunung.

Animo masyarakat Indonesia justru semakin antusias dalam memburu emas, Pada saat bulan Ramadhan/Agustus 2011 yang lalu, antrian pembelian emas 24k bersertifikat di produsennya sangat panjang. dan stoknya sangat tipis bahkan kadang tidak tersedia, seperti halnya menjelang lebaran dan setelah lebaran ini. Bagaimana dengan ketersediaan di toko-toko penyedia LM ?. ternyata sama saja. Ketika di tanya mereka  bilang bahwa pasokan dari produsennya tidak ada, sehingga kehabisan barang. Seperti juga yang ada di www.hargamas.blogsot.com sepekan sebelum lebaran hingga saat ini, stok masih kosong karena pasokan juga terhenti. Di Bank-bank syariahpun yang melayani cicilan emas LM juga kesulitan memperoleh barangnya. Bahkan ada salah satu karyawan bank syariah yang menceritakan kepada saya, sudah terlanjur akad dan nasabah sudah setor uang muka. Ternyata barang yang dijanjikan oleh pihak penyedia LM-nya tidak tersedia. Dengan alasan stok Habis. Ada juga seorang member komunitas investasi emas yang akhirnya memilih emas lokal (yang bentuknya gak beraturan) pada program cicilan Bank Syariah. Karena LM yang bersertifikat juga susah dicari.

Kenapa bisa  langka ?.  Bisa saja karena kapasitas produksinya berkurang, kalau di Indonesia ya produsen di  Indonesia, ataupun pasokan emas Dunia juga semakin menurun, seperti yang pernah saya tulis pada Desember tahun lalu. Atau juga penjual emas enggan menjual emasnya karena jika emas terjual akan susah mendapatkan barang kembali, ingat bahwa emas bukan hanya sebagai “barang jualan” saja namun juga berfungsi sebagai simpanan bagi pemiliknya.  Seorang pedagang LM memang  mengambil untung dari harga modalnya, namun kadangkala uang yang didapatkan tidak cukup lagi membeli dengan jumlah gram yang sama. Karena harga sudah berubah jauh di atas. Jika hal ini terjadi terus-menerus bisa jadi barang dagangannya (emas) semakin sedikit. Walaupun jumlah uangnya bertambah banyak.

Melihat fenomena ini saya senang sekaligus sedih.  Senangnya karena saat ini Masyarakat kita sudah “ngeh” dengan emas, sudah ngerti juga kalau menabung uang kertas hasilnya terus menurun nilainya. Dan berarti salah satu tujuan saya membuat grup Mahir Berinvestasi emas 1 dan 2  (untuk melihat klik saja angka 1 dan 2) pada 2009 lalu ada manfaatnya. Dan sedihnya karena minat Masyarakat dalam menabung emas menjadi terhambat gara-gara kelangkaan stok emas.  Semoga BUMN kita, Antam bisa meningkatkan kapasitas produksinya agar kebutuhan emas bagi masyarakat Indonesia bisa  terpenuhi.  Atau barangkali Pemerintah  mengupayakan impor emas dan mendistribusikan ke Masyarakat, atau bahkan menasionalisasi tambang-tambang emas yang dikuasai asing. Amiennnnnnn

emas 25 gram

Jika emas batangan bersertifikat terjadi kelangkaan dan susah di temui, apa yang musti dilakukan ?. Hmmm …… kita musti cari alternative lain, seperti halnya mencari Dinar. Dinar sama baiknya dengan emas LM dalam menjaga nilainya. Karena sama-sama emas. Apa sih dinar itu, bagaimana cara mendapatkannya dan seluk-beluk lainnya. silakan pelajari di sini .

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: