Home > Analisa Harga > Siapa yang menginnginkan emas turun ?

Siapa yang menginnginkan emas turun ?

Jika saya membaca email yang masuk ke inbox saya, komentar-komentar pada halaman mbemas di facebook ataupun pada komunitas investasi emas masih di facebook juga, rasanya tergelitik hati saya untuk membahasnya dalam tulisan ini, adalah hal mengenai turun atau naiknya harga emas.  Sebagian besar sobat memposting dari web tentang akan terjadinya penurunan harga emas. dan sebagian lagi memposting sebaliknya. Inilah representasi psikologi dari sobat semuanya. Jika saya pilah memang ada dua kubu, yang pertama kubu menginginkan turun, yang lainnya menginginkan emas naik.  Tanpa ada maksud saya untuk menghakimi sobat yang memposting, saya hanya ingin sharing bahwa di luar sobat yang memposting itupun. Di Masyarakat juga ada 2 kubu yang menginginkan emas naik, ataupun emas turun. Bahkan ada pula diantara keduanya. Alias “cuek bebek”. Harga emas mau naik atau mau turun gak peduli.

Di dalam benak seseorang, pastilah ada suatu keinginan yang mendasari  sebuah sikap, nah barangkali alasan dibawah ini yang melatar belakanginya, orang yang pro dan mengharapkan emas turun :

1.       Orang yang berkeinginan untuk membeli emas, baik yang baru mulai ataupun yang ingin menambah cadangan emasnya. sehingga akan mendapatkan harga yang lebih murah.

2.       Orang yang melakukan trading  di perdagangan online,  pada harga US$1800-1900 mereka sudah menutup posisi buy, dan merubahnya ke posisi sell, bahkan nantinya pada titik tertentu, misalkan US$1650, mereka akan menutup posisi sell dan merubahnya lagi menjadi posisi buy. Sehingga harapannya mendapatkan keuntungan yang dahsyat.

3.       Orang yang investasi emas phisik, namun sekaligus dipakai juga sebagai short selling, seperti halnya pada media online. Pada saat harga rendah lalu membeli, kemudian saat harga mencapai 560pergram mereka jual, dan harapannya nanti harga turun ke 470ribu per gram dan akan membeli lagi.

4.       Orang yang investasi emas dengan cara beli-gadai, beli-gadai yang berulang-ulang. Mereka akan “panen”. Dengan melikuidasi emas yang ada di lembaga gadai ataupun bank syariah saat terjadi harga puncak pada beberapa waktu lalu. Dan siap lagi akan emnanam jika terjadi penurunan harga emas.

5.        Orang yang terbiasa bergelut di pasar saham. Sudah menjadi hal yang lumrah jika harga saham naik, emas turun. Dan sebaliknya jika harga saham turun maka emas akan naik. Jika emas terus naik dan naik. Maka pamor saham akan jatuh dan semakin jatuh bahkan tidak diminati lagi.

6.       Produsen dan pelopor uang kertas, Jika emas terus naik maka popularitas uang kertas akan terus menurun. Bahkan …………..ssttttt… konon ada konspirasi bank-bank besar di Eropa dan Amerika untuk terus menekan harga emas. coba deh sobat cari.. ntar kalo sudah ketemu di posting di grup kita ya. Kelangkaan emas phisik saat inipun “katanya” juga merupakan upaya pengereman harga emas, agar tidak naik teruuuuuuuuussssssssss.

7.       Orang seperti saya ini juga masih menginginkan emas untuk turun. Sebab belum seluruh sobat kita membelinya untuk mengalihkan tabungan uang kertasnya. Kasian kan, sobat kita. Jika nanti terjadi krisis dan uang yang mereka simpan merosot nilainya.

8.       Pengrajin perhiasan emas, mereka ini sekarang ordernya menurun drastis akibat kenaikan emas. semalam saya sempatkan bertandang ke rumah salah seorang pengrajin emas perhiasan di daerah Ujung Menteng Jakarta Timur yang berbatasan dengan Bekasi. Dia menceritakan bagaimana saat ini usahanya minim order, karena bahan baku emas yang meningkat tajam.

Lalu, siapa kira-kira yang menginginkan emas naik ? : mendingan kita gak usah bahas ya. Karena jika emas naik sangat menggila, misalkan hingga US$2500 ataupun US$5000. Maka yang terjadi adalah krisis lagi dan yang jadi korban terbesarnya adalah rakyat kecil. Karena dengan semakin tidak berdayanya uang kertas, rakyat akan membayar dengan jumlah uang kertas yang lebih banyak.

Mari kita saling mengingatkan ke teman, sahabat, tetangga, dan saudara. Tentang perlunya menjaga kehilangan asset dari semakin tidak berdayanya uang kertas. Semakin banyak emas yang masuk dalam rumah-rumah masyarakat kita. Mudah-an daya tahan kita secara financial lebih handal dalam menghadapi krisis yang ada di depan halaman rumah kita. Dan mari merencanakan financial kita juga berbasiskan emas, yang telah terbukti tidak lekang selama 5000 tahun peradaban manusia.

Semoga  Allah  menunjukkan kita ke jalan yang benar. amin

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: