Home > Analisa Harga > Perjalanan Emas Sepanjang 2011

Perjalanan Emas Sepanjang 2011

Tak terasa, kita sudah memasuki penghujung tahun 2011, tahun yang akan kita tinggalkan sebentar lagi. Kita bisa belajar banyak dari peristiwa yang telah kita lalui, bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada. Baik peristiwa yang ada sangkut pautnya dengan diri kita, ataupun hal yang menimpa orang lain. Saya ingin mengajak pembacamamaknai peristiwa-peristiwa yang telah ada sepanjang 2011 ini, tentunya yang ada kaitannya dengan per-emasan.

 

Pada tahun 2011 ini di Dunia emas batangan khususnya produksi Antam telah lahir model baru. Jika model sebelumnya cetakannya horizontal, mulai February 2011 model cetakannya adalah vertical. Dan ini menjadikan sedikit masalah harga pada para pelaku investasi emas batangan. Inilah selera pasar. Orang akan lebih memilih emas batangan produksi baru di bandingkan produksi lama, padahal jika kita pikir-pikir harusnya tidak ada pengaruh harga. Emangnya kita membeli emas ?. atau membeli Model ?.  Jika yang dibeli adalah emas perhiasan pasti orang akan memilih model, apakah lagi “in” atau tidak.  Namun inilah faktanya !!!. Mudah2an Produsen LM tidak merubah-rubah model lagi, agar kita yang menyimpan emas batangan produksinya tidak dirugikan hanya karena masalah bentuk yang diperbarui.

 

Di sepanjang tahun ini kita disuguhi dramatisme Di Amerika, konggresnya hampir tidak menyetujui program Quantitative easing  tahap 3, dan emas melesat bak roket yang tinggal landas. Hingga mencapai di atas USD1900/oz. Karena jika program penambahan US$ tersebut tidak disetujui, Amerika bisa kekurangan uang dan tidak mampu membayar hutang-hutangnya, bisa berakibat gagal bayar Amerikan tidak akan di percaya lagi, namun akhirnya drama tersebut berakhir dengan di ketoknya palu persetujuan QE3 tersebut, tidak seberapa lama dari saat tersebut, emas mendarat bagaikan helicopter yang turun ke daratan, hingga mencapai US$1500/oz karena permasalahan ekonomi di Benua biru Eropa. Di mulai dengan Negara Yunani yang utangnya sudah berjibun, lalu di ikuti oleh Negara yang tergabung dalam mata uang tunggal Euro lainnya, seperti Portugal, Irlandia, dan Spanyol. Dan bahkan akhir-akhir ini Italia yang merupakan Anggota ketiga yang paling besar ekonominya juga ikut terkena krisis, sampai-sampai Pak Berlusconi mengundurkan diri. Konon dia merasa gak “pede” mengatasi krisis Ekonomi di Negaranya, hehehehhe beda dengan di Negeri Antah-Berantah yang para pemimpinnya malah paling ulet mempertahankan kekuasaannya walaupun banyak permasalahan yang tidak terpecahkan, yang penting menjabat, yang penting berkuasa, dan yang penting bisa hidup makmur  demi diri sendiri keluarga dan kelompoknya. Namun syukurlah saat ini ada beberapa pemimpin yang tidak ingin mencari harta, memimpin “bukan mencari pekerjaan”. Namun ingin memajukan bangsanya…… Semoga bertambah banyak pemimpin yang seperti ini…..semoga !!!

 

Saat emas mencapai puncak tertingginya di tahun ini, produsen emas batangan Antam sampai kewalahan dalam memenuhi permintaan pembeli, sampai-sampai harus membatasi maksimal 150 pembeli per hari, bahkan pembelianpun dibatasi kadang hanya 1 keping per pembeli. Antriannyapun mengular saat mengambil kartu antrian, bahkan ketika saya menyempatkan ke Antam dan kebetulan bertemu dengan pengantri  nomer 1 yang kebetulan adalah teman sebangku saat kuliah dulu, mengatakan bahwa ia mengantri sudah sejak jam 2.30 dinihari. ….. wuih….. ikutan ronda nih. Atas fenomena kelangkaan emas batangan di pasaran ini menyebabkan harga turut naik double, efek pertama karena memang harga International naik, efek kedua karena kelangkaan barang di pasaran dan mendapatkannyapun sangat sulit. Lalu selang sebulan kemudian bermunculan emas batangan-emas batangan yang bukan buatan Antam, karena menjawab permintaan pasar yang besar ini.

Fluktuasi emas di tahun ini yang begitu tinggi ternyata banyak memberikan dampak positif bagi yang berinvestasi emas. Berikut saya sajikan table dalam satu tahun. Tabel ini menggambarkan jika kita membeli emas di Januari, berapa yang akan akan anda dapatkan di bulan-bulan setelahnya, Cara gampangnya adalah, jika anda membeli emas pada bulan January dan menyimpan hingga desember, maka anda akan untung 18%, karena indexnya 118, namun jika anda menjualnya saat harga tertinggi di September, maka anda akan untung 33%, di tahun ini emas terendah di bulan February, karena turun 2% terhadap bulan sebelumnya. Tabel ini saya sajikan untuk pengetahuan saja dan bukan untuk berspekulasi :

 

Bulan

Index

Jan

100

Feb

98

Mar

104

Apr

102

May

110

Jun

108

Jul

110

Aug

117

Sep

133

Okt

119

Nop

125

Dec

118

 

Karena ternyata emas dalam tiap bulan sangat bergejolak, seperti table berikut :

Bulan

Perubahan/bulan

Jan

-3

Feb

-2

Mar

6

Apr

-1

May

7

Jun

-1

Jul

1

Aug

6

Sep

14

Okt

-11

Nop

5

Dec

-5

Data diatas merupakan perubahan harga terhadap bulan sebelumnya, misalkan anda membeli di januari dan menjual di February, maka anda rugi 2%, namun sebaliknya jika anda membeli di February dan menjualnya di Maret, hanya dalam waktu sebulan anda untung 6%, yang lebih menguntungkan lagi jika anda beli di Agustus dan menjual di September, anda bisa mengantongi 14%, namun 14% tersebut belum dikurangi selisih buyback.

 

Jangka pendek, berinvestasi emas bisa untung, namun juga bisa bunting. Namun bagaimana jika dibandingkan tahun lalu ? :

Bulan

Growth

Jan

16

Feb

15

Mar

19

Apr

21

May

25

Jun

18

Jul

22

Aug

36

Sep

42

Okt

24

Nop

23

Dec

15

Jika dibandingkan tahun lalu, anda membeli emas di bulan apapun tidak akan rugi, karena berdasarkan harga yang sudah terjadi emas selalu tumbuh. Misalkan jika anda membeli pada September tahun 2010 lalu dan dijual pada September 2011 ini, maka emas anda bisa tumbuh 42%. Bahkan saat bulan Desember 2011 ini dimana harga emas lagi turunpun anda akan tetap untung, karena emas yang di beli pada desember tahun lalu lebih murah 15% terhadap desember tahun ini. Dan itulah pertumbuhan terjeleknya selama setahun, yaitu di bulan February dan Desember yang hanya tumbuh 15%. Dan ini saya kira sudah untung 2 kali lipat di bandingkan uang anda di taruh di deposito

Categories: Analisa Harga Tags:
  1. January 29, 2012 at 10:20 pm

    Wow dasyat pak, lengkap sekali penuturannya sepanjang 2011, bisakah menjadi tolak ukur untuk thn 2012, atau kira-kira bagaimana predisi dithn 2012 pak.

    • January 30, 2012 at 6:44 am

      Akan kami usahakan untuk mengulas/prediksi tahun 2012 pak

  2. azri ali
    May 29, 2012 at 12:59 pm

    like..:) kami menunggu ulasan selanjutnya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: