Home > Serba-Serbi > Agar tidak tertipu Belanja Online

Agar tidak tertipu Belanja Online

Saya yakin diantara sobat pembaca mbemas.com pernah mendengar ataupun membaca tentang maraknya kasus penipuan dari belanja online. Baik yang di iklankan via sms ataupun web. Dan biasanya barang-barang yang ditawarkan adalah barang-barang elektronik, seperti halnya laptop, Handphone, blackberry ataupun tablet. Hingga saat ini saya belum pernah mendengar penipuan online dengan barang dagangan emas…. (jangan sampai kejadian lah ya……)

Sudah jamak jual-beli di media online seorang pembeli melakukan pembayaran/transfer uang terlebih dahulu, dan setelah penjual mengecek di account ada sejumlah dana yang telah di sepakati, barulah penjual mengirimkan barang yang di minati pembeli. Inilah letak peluang penipuan tersebut, dimana setelah pembeli melakukan  transfer. Pembeli menunggu barang pesanannya tidak pernah kunjung tiba, ketika menghubungi penjual, telepon tidak pernah di angkat atau mati.

 

Saya akan share, bagaimana mengindentifikasi penipuan online ini, agar para sobat setia Mbemas.com tidak dirugikan atas tindakan tidak terpuji dari penipu-penipu online.

1.       Jika Harga barang yang ditawarkan terlalu murah dari harga pasaran.  Jangan pernah tergiur dengan harga murah yang tidak wajar, misalkan Handphone Android merek S, yang di pasaran  /counter HP berharga 2juta, namun ada yang menawarkan di internet 1,8juta atau bahkan dibawahnya.  Sobat patut waspada, mana mungkin mereka bisa mendapatkan barang-barang berharga sangat murah tersebut, apakah mungkin mereka mau menjual rugi ?. ataupun jika memang benar, kita patut juga curiga, barangkali barang illegal atau bahkan barang “SPANYOL” alias separuh nyolong….. hehehehe.

2.       Ketahui kredibilitas pengelola web.  Jika Sobat ingin belanja pada sebuah web, coba cari tahu siapa pengelola web tersebut, siapa admin-nya, siapa ownernya. Atau siapa penanggung jawabnya.  Biasanya Sobat bisa temukan di halaman “kontak kami” , copyright atau nama pada penerima rekening . Setelah itu silakan search nama  yang kita dapatkan tadi memalui google. Dan mudah2an anda akan menemukan di facebook, atau twitter atau social network yang lain, dan pelajari hasil temuan anda itu. Orang yang kredibel akan menampilkan profilnya dengan jelas. Perusahaanpun biasanya akan membuat fanpage di social network. Syukur-syukur pengelolanya bisa anda temukan di media non internet (offline), Anda kenal sendiri, atau dikenalkan, atau seorang mentor seminar, atau seorang penulis buku.  Jika anda bisa menemukan pengelola web tersebut di media online atau offline, maka besar kemungkinannya bahwa web tersebut bukan penipu.

3.       Lamanya waktu web muncul di internet juga turut menjadi indicator kredibilitas sebuah web. Jika sobat akan belanja pada sebuah web, pastikan sebuah web sudah exist di media online minimal satu tahun. Karena web yang sudah satu tahun, jika melakukan penipuan, pastinya sudah ada korban penipuan yang melapor ke pihak berwajib sehingga menindak penipu, ataupun menulis complain di media online, sehingga orang akan mudah menemukan komplain-komplain tersebut dengan googling.

4.       Ada alamat tidak menjamin kredibilitas sebuah web, karena penipu bisa saja menuliskan alamat palsu yang jika anda cari tidak ketemu-ketemu. Seperti halnya Ayu ting-ting yang  tidak bisa menemukan alamat palsu J.

5.       Cari tahu kredibilitas web via search engine. Biasanya pembeli  online jika puas atau kecewa akan menuliskan di media online juga. Sehingga sobat bisa mencari testimoni-testimoni mereka, mengacu ke poin 3.

6.       Sebelum memutuskan belanja Berdoa dulu ya….. agar mendapatkan berkah

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: