Home > Analisa Harga > Prakiraan Harga Emas Tahun 2012

Prakiraan Harga Emas Tahun 2012

Begitu banyak pertanyaan seputar kenaikan emas pada tahun 2012 ini yang masuk ke email ataupun SMS. Dan baru saat ini saya berkesempatan menuliskannya untuk para pembaca sekalian. Dalam menuliskan prediksi harga saya sebenarnya agak khawatir karena bisa saja tulisan saya ini akan di jadikan rujukan para pembaca untuk menentukan langkah investasi (….penulisnya GR nih..). Dan itu artinya sedikit banyak tulisan yang saya buat ini akan menentukan profit ataupul loss dalam investasi yang di lakukan oleh para pembaca. Agar tulisan ini tidak menjadi rujukan, saya menuliskannya bukan prediksi harga emas pada 2012 , bukan pula perkiraan harga emas 2012, namun saya menuliskannya prakiraan harga emas. Kenapa saya menuliskannya prakiraan ?. saya ingat ketika jaman dahulu yang tidak begitu kala ada sebuah stasiun Televisi

 

Tanah Air ini yang menyiarkan informasi cuaca, yaitu  “perkiraan cuaca”, namun informasi tersebut seringkali meleset, dan akhirnya namanya diganti dengan “prakiraan cuaca”.  Saya menafsirkan terminology prakiraan akan lebih rendah dibandingkan perkiraan dalam segi ketepatan. Bahasa awam saya mengatakan bahwa prakiraan barangkali maknanya sama dengan sebelum ada perkiraan, dari kata “pra” dan “perkiraan”. Sekali lagi saya tekankan bahwa prakiraan harga yang saya sampaikan ini bukan bermaksud menjadi acuan Anda dalam berinvestasi emas, namun sekedar menyampaikan buah pikiran saya yang saya yakin akan berbeda dengan kenyataannya. Karena tidak ada satupun Manusia yang berpijak di muka bumi ini, atau  yang lagi di atas Bumi, sedang terbang di angkasa atau diluar angkasa, ataupun di dalam bumi yang kebetulan sedang berada di basement-basement gedung ataupun yang menggali tanah tidak akan bisa memperkirakan harga emas dengan akurat. Karena semua tidak ada yang tahu tentang masa depan. Harga sangat ditentukan oleh pasar yang terbentuk dengan beragam sebab yang amat sangat kompleks.

 

Isu paling penting dalam mempengaruhi harga emas Dunia saat ini adalah ekonomi Eropa dan Amerika, Pemulihan Ekonomi Amerika yang hingga saat ini belum menunjukkan perbaikan yang significant seringkali menyeret mata uangnya si Hijau US$ tenggelam dalam raport yang merah, dan jika ini terjadi maka harga emas naik, namun jika kelesuannya terlalu parah justru sebaliknya seperti yang terjadi pada 2008 lalu si Hijau US$ justru di buru dan harga emas sangat terjun bebas sebebas tanpa parasut, karena dari hampir US$1000 hingga ke angka US$600-an,  Bagaimana dengan pengaruh di Eropa ?. Sakitnya ekonomi di beberapa Negara Eropa menyeret penurunan mata uang Euro, dan yang terjadi adalah emas turun namun ketika beritanya sangat mengkhawatirkan harga emas naik lagi, hal ini bisa di mengerti disebabkan jika Eropa terseret dalam krisis, berarti efeknya adalah perusahaan lesu dan harga sahamnya juga lesu, investor beralih ke emas.

 

Prediksi emas 2012 ini, jika Anda membaca di berbagai media online memang sangat mencengangkan, seperti yang di ungkapkan oleh Jeffrey Currie dari Goldman Sach mengatakan bahwa dalam 12 bulan emas akan mencapai $1940 per ounce. Jikalau di kurskan dengan Rupiah kita yang saat ini di harga Rp9.135, maka harga emas akan mencapai Rp.570.000/gram, Sedangkan Morgan Stanley memperkirakan emas akan mencapai $2200, dan jika di rupiahkan setara dengan Rp.646.200 per gram. Ed Tully dari UBS bahkan memprediksikan dengan lebih berani lagi, bahwa emas akan mencapai puncak tertinggi di tahun 2012 $2500 dengan rata-rata $2050. Artinya di Negara kita dengan kurs yang sama dengan tulisan di atas, akan tercapai harga Rp734.300 per gram, dan harga rata-ratanya Rp.602.150 per gram.

 

Dari pengalaman berkecimpung di dunia si kuning kinclong yang di damba hampir setiap orang ini prakiraan saya tidak sedrastis di atas, paling tinggi emas yang kita punya pada 2012 ini akan sampai pada harga Rp647.000 per gram dengan rata-rata sepanjang tahun 2012 adalah Rp.545.000 dengan pertumbuhan 22%. Angka-angka tersebut saya dapatkan dari hasil olahan statistic dan juga factor non teknis, yang jelas bukan feeling dan bukan juga ilmu kira-kira.  Oh ya jangan lupa untuk emas phisik ditambah sekitar Rp.10.000 – Rp.20.000 per gram.

Berikut hasil olahan yang bisa saya sajikan dan saya juga menyertakan harga pada tahun-tahun sebelumnya

  1. sijan
    August 16, 2012 at 12:53 pm

    sangat mengagumkan

    • October 9, 2012 at 1:39 pm

      Terima kasih supportnya Mas Sijan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

