Home > Analisa Harga > Pergolakan politik juga mempengaruhi harga emas

Pergolakan politik juga mempengaruhi harga emas

Sudah cukup dalam emas mengalami penurunan yang sangat significant, dari bulan lalu yang masih di kisaran US$1640 lalu menukik tajam hingga US$1530, lalu tiba-tiba saja di akhir pekan ini emas melaju hingga puncaknya mencapai US$1596. Hal apakah yang menyebabkan kejadian yang sebenarnya sudah biasa ini ?.

Sejak 2 bulan lalu ketika emas sdh ada tanda-tanda penurunan saya sdh jarang memasang mata dan telinga untuk mengamati pergolakan harga emas, karena saya mengira hanya flat dengan kecenderungan menurun sebagai dampak kebijakan zona Euro untuk Yunani  dan anggapan terjadinya perbaikan ekonomi di Zona biru tersebut, sehingga praktis tidak ada tulisan yang bisa saya sampaikan kepada Anda pembaca setia blog ini. Dan memang juga ada kesibukan lain mengenai pekerjaan dan masalah kesehatan.

 

Sebenarnya kejadian kenaikan harga emas yang tiba2 melonjak di akhir pekan ini. Lagi-lagi dipicu oleh kekhawatiran dan sentiment negative terhadap apa yang terjadi di Yunani. Negara yang sudah menuju sekarat ekonominya dan saat ini sdh di infuse oleh  anggota Uni Eropa dan IMF itu sedang ada gejolak politik, hmmmmm hebatnya Yunani, kejadian politik bisa berdampak pada ekonomi Dunia !.  Ternyata jawabannya adalah  Yunani merupakan anggota pengguna mata uang Euro, jika ada satu negara yang sakit bisa merembet ke pengguna yang lain. Dan juga tentunya sudah banyak duit punya Negara lain yang di pakai Yunani untuk menambal anggaran belanjanya.

 

Dampak dari peristiwa itu ternyata cukup dahsyat, seluruh index saham yang diperdagangkan di akhir pekan kemarin merosot, bahkan index Nikkei Jepang yang paling parah karena terjadi penurunan terbesar harian sepanjang tahun ini. Dan akhirnya emas dijadikan pelarian lagi, manakala ekonomi di rasa memburuk.

 

Disamping sentiment dari Yunani tersebut, ternyata ada sentiment lain yang terjadi di tetangganya yaitu Spanyol, Negara yang memiliki 2 pembalap kenamaan di MotoGP yakni Dani Pedrosa dari Team Repsol Honda dan Jorge Lorenzo dari Tim Yamaha ini, bank-bank di negerinya di ganjar dengan penurunan rating oleh Lembaga pemeringkat  yang menjadikan kredibilitas bank-bank di Spanyol menurun.  Dan ini jelas berdampak yang sangat besar pada perekonomian Negara itu di  masa sekarang dan mendatang. Dan ….. lagi-lagi ini berdampak pada kemuraman ekonomi Dunia yang memang belum pulih benar dari krisis.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: