Home > Analisa Harga > Awal Juni Emas Naik 3,7%

Awal Juni Emas Naik 3,7%

Emas mengalami kontraksi kenaikan yang sangat significant di penghujung bulan Mei 2012 ini, hal apakah yang menjadi pemicu dari kenaikan yang sangat tinggi ini, sebesar 3,7% menjadi diatas US$1623, padahal pada minggu-minggu sebelumnya berkutat di angka US$1530-1570.

Sebelum saya membahasnya bolehlah kiranya saya mem-flash back , bahwa saya sudah menuliskan di fanpage facebook mbemas akan tanda-tanda bahwa Juni adalah titik balik emas akan naik setelah sekian lama mengalami stagnasi dan cenderung mengalami penurunan, menurut saya sudah terlalu lama emas mengalami penantian yang panjang untuk kembali naik, karena memang secara alamiahnya inflasi terus terjadi dari hari ke hari , dan pemulihan ekonomi akan sangat sulit diwujudkan karena penyakitnya sudah sangat parah, kata Robert Kiyosaki stimulus ekonomi saat ini seperti halnya praktek Biologi di sekolahan dengan mensetrom katak mati yang akhirnya hanya akan menjadi katak panggang !. kalau saya menyebutnya seperti penyakit kangker yang sudah pada stadium 4, di operasi malah menambah parah keadaan, di kemotherapi hanya merusak jaringan yang sehat.

Hal yang mempengaruhi emas sudah bosan di angka 1500-an kelesuan ekonomi dengan menurunnya harga saham, dan emas menjadi pelarian utama. Penurunan harga saham dipengaruhi oleh beberapa hal yang diantaranya adalah tingkat pengangguran di  Eropa semakin meningkat, saat ini orang nganggur di benua Biru tersebut hamper mencapai 25juta Orang. Atau sekitar 11% dari populasinya. Hal ini menandakan ekonomi mereka semakin lesu, banyak pabrik swasta yang  tutup akibat menurunnya order, Lembaga perbankan juga mengalami pengurangan karyawan seperti  yang dilakukan oleh Citigroup, Unicredit Bank, HSBC, UBS dan Paribas Bank, kita juga membaca atas PHK yang dilakukan oleh  General Motor, Sony Corp, Apple yang dilakukan di Eropa. Tingkat pengangguran yang paling parah tentu saja di Yunani dan Spanyol , mencapai angka  masing2 21,7% dan 24,3%.

Tingkat kepercayaan orang kaya Amerika terhadap pemulihan ekonomi  menurun 5% terhadap Maret lalu , hal ini menandakan mereka mulai ragu-ragu terhadap masa depan ekonomi yang “katanya” sudah pulih, Beberapa dari mereka sebanyak 39% mengatakan Ekonomi baru akan pulih pada 2014, dan 15% mengatakan resesi tidak akan berakhir  karena kebijakan yang salah arah, hal ini juga yang menjadi pemicu ambruknya Index Dow  hingga 2,7%.

Jika Sobat pernah membaca pada Blog ini tentang prakiraan kenaikan emas tahun 2012 yang bisa sobat baca lagi dengan klik link ini, maka penulis Blog ini memprakirakan untuk bulan Jun emas akan merangkak ke angka 500ribu pergram, dan apakah akan mengikuti  deret chart tersebut ?. Wallhu ‘alamu bisawwab . gak usah dipercaya, wong hanya prakiraan, cukup di renungkan saja.

Lalu bagaimana cara menanggulangi kekhawatiran soal resesi ini, dan bagaimana jika merembet hingga Indonesia seperti tahun 2008 lalu ?.  Sobat cermati dari pidato Pak Wapres Boediono, yang merupakan seorang ahli ekonomi dan pernah menjabat posisi elite di BI dan Menteri  dan Guru besar dalam bidang ekonomi mengatakan : “Kesehatan fiskal adalah jangkar dari segala kebijakan-kebijakan ekonomi kita,” kata Wakil Presiden Boediono saat menjadi pembicara kunci di Globe Asia Business Summit, Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin 28 Mei 2012.  Ya…… kebijakan Fiskal, untuk lebih jelasnya pidato tersebut silakan browsing di webnya pak wapres. Wapresri.go.id.  Bagi orang awam seperti saya ini menerjemahkannya di lingkungan Rumah tangga adalah dengan mengatur irama keluar masuknya keuangan rumah tangga dan juga menyimpan dalam instrument yang tidak ikut krisis jika krisis benar-benar terjadi, pelajari ilmunya  ……..

Categories: Analisa Harga
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: